EFEKTIVITAS APLIKASI E-STUDENT’S WORKSHEET (ESW) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA & KIMIA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII

SITI NUR AZIZAH, ELOK SUDIBYO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas aplikasi E-Student’s Worksheet berbasis etnosains pada materi perubahan fisika & kimia untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas VII. Model pengembangan yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desai, revisi desain dan uji coba terbatas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Mojowarno tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa dan desain uji coba penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Keefektifan ditinjau dari analisis nilai pretest dan posttest. Analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebanyak 16 anak memperoleh nilai n-gain dengan kategori tinggi, 5 anak memperoleh nilai n-gain dengan kategori sedang serta 5 anak memperoleh nilai n-gain dengan kategori rendah. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada setiap komponennya dengan nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi E-Student’s Worksheet berbasis etnosains pada materi perubahan fisika dan kimia dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektifitas.




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.