Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

MEI RIKA AMBARWATI, ELOK SUDIBYO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Gerak Lurus. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Desaign, dengan dilakukan pada satu kelas eksperimen tanpa kelas pembanding. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Sidoarjo kelas VIII A semester kedua tahun akademik 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dengan persentase 84,6% pada pertemuan pertama dan 85,8% pada pertemuan kedua. Keterampilan berpikir kritis peserta didik juga mengalami peningkatan dari hasil rata-rata pre-test sebesar 39 meningkat menjadi 86 saat post-test, sehingga mengalami peningkatan berdasarkan kriteria N-gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gerak lurus mendapatkan respon yang positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 93 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model Discovery Learning pada materi gerak lurus dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.