KEVALIDAN LKPD BERBASIS STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

MITA ROHMATIKA DIASANTI, LAILY ROSDIANA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKPD active knowledge sharing untuk melatihkan keterampilan komunikasi peserta didik. Prosedur penelitian ini menggunakan model R&D (Research and Development) yang dibatasi hingga tahap keenam yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Uji coba LKPD dilakukan di SMPN 21 Surabaya pada peserta didik kelas VII K sebanyak 31 peserta didik. Desain penelitian mengunakan One Group pre-test and post-tes design. Hasil validasi yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui nilai yang sering muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi diperoleh modus sebesar 4 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan.

Kata kunci: Kevalidan, LKPD, Active Knowledge Sharing


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.