VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN DINAMIKANYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

ZELINA TRI WAHYUNI NINGSIH, LAILY ROSDIANA

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan lembar kerja peserta didik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada lapisan bumi dan dinamikanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa penskoran terhadap LKPD yang dikembangkan. Proses uji coba produk dilakukan pada 27 siswa kelas VII-G SMP. Hasil penelitian validitas lembar kerja peserta didik dikatakan valid ditunjukkan pada nilai modus syarat kontruksi, syarat dikdatif dan syarat teknis yaitu sebesar 3 dengan kriteria layak digunakan. Semua aspek mendapatkan kategori layak, sehingga lembar kerja peserta didik dapat dikatakan valid untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, keterampilan berpikir kritis siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.