PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA TEMA BERNAPAS YANG BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA KEDIRI

M. MISBACHUL HUDA

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran IPA Terpadu pada tema bernapas yang berorientasi pada keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan “One Shot Case Study” dan analisis dilakukan secara deskriptif. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas VIII-J SMP Negeri 2 Kota Kediri dengan jumlah siswa 38. Berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata hasil pengamatan pada pertemuan I dan II yaitu sebesar 3,48 dan 3,50. Hal ini berarti bahwa pembelajaran IPA Terpadu pada tema bernapas yang berorientasi pada keterampilan proses sains terlaksana dengan sangat baik dan merupakan pembelajaran yang efisien. Hasil belajar siswa dengan pemberian tes hasil belajar diperoleh 91,89% siswa tuntas pada aspek kognitif., sedangkan pada aspek afektif telah mengalami peningkatan. Melalui pengamatan, keterampilan proses sains siswa memperoleh hasil 59,46 % mencapai kategori baik dan 40,54 % dengan kategori sangat baik, sedangkan melalui tes tulis memberikan hasil 24,32% siswa mencapai kategori baik dan 75,68% siswa mencapai kategori sangat baik.


Kata kunci: Pembelajaran IPA Terpadu, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Siswa.


Abstract


Has done research about the application of integrated science learning on the theme of breathing with science process skills oriented to the learning outcomes of eight grade students 2nd Junior High School State of Kediri. The research was carried out with One Shot Case Study and descriptive analysis. Object  in this study is a class VIII-J with 38 student. Based on observations obtained feasibility study average of observations at first meeting and 2nd meeting is equal to 3.48 and 3.50. This means that learning breathing Integrated Sciences on the theme-oriented science process skills performing very well. Student studying result by administering tests acquired 91.89% of students completed. Through observation, science process skills students achieve good category 59.46% and 40.54% with very good category, although with a test has result 24,32% students achieve good category and 75,68% students achieve very good category .


Keywords : Integrated Science Learning, Science Process Skills, and Student Studying Result.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.