PENERAPAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MATERI BAHAN ADITIF PADA MAKANAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 JATIREJO

LUTHFIA

Abstract


 


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah diadakannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran IPA Terpadu Materi bahan aditif pada makanan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatirejo tahun ajaran 2012/2013 semester genap yang terdiri dari 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran IPA Terpadu Materi bahan aditif pada makanan telah dilakukan dengan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,75 dan 4,00. (2) Ketuntasan klasikal siswa dalam mengikuti pem belajaran model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran IPA Terpadu Materi bahan aditif pada makanan mencapai 93,50%, Serta diperoleh thitung sebesar 12,53 dan ttabel sebesar 1,7. Karena thitung > ttabel , ini berarti dapat disimpulkan bahwa perbedaan pre-test dan post-test adalah signifikan. Hasil belajar aspek afektif menunjukkan peningkatan, pada pertemuan pertama nilai afektif secara klasikal adalah 86,48% dan mengalami penurunan pada pertemuan kedua menjadi 84,00% selanjutnya, pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan menjadi 89,31% dan pada pertemuan keempat juga mengalami peningkatan menjadi 90,51%. Pada hasil belajar siswa aspek psikomotor secara klasikal adalah 85%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran IPA Terpadu materi bahan aditif pada makanan sesuai terhadap hasil belajar siswa. (3) Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Kata kunci:  Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Bahan aditif pada makanan, Keterlaksanaan pembelajaran, Hasil belajara, Respon siswa.


 


Abstract


Aims of the research are to describe learning process, student achievement, and student responses with strategy generative learning were implemented on webbed science lerning at cigarette theme. This research conducted in class of VIII H at SMPN 2 Jombang in even semester of academic year 2012/2013 with 25 students. This research was conducted by Pre Experimental Design and the data were analysed by t-test analysis and descriptive quantitative analysis method. Conclusion of the research are: (1) The implement of strategy generative learning at cigarette theme conducted with good criteria and very good criteria because average obtained was 3,37 and 3,75. (2) Student classical completeness in attending strategy generative learning achieved 92%. Obtained tcount was 9,83, ttable was 1,71. Because tcount > ttable therefore hypothesis accepted. For aspect affective student achievement increase indicate, the first meeting classical affective value is 78,67% and increase experience in secon meeting become 89,00%. Students achievement of aspect psychomotor in a classical 87,42%. It shows that strategy generative learning at theme of cigarette consistent with students learning achievement. (3) Students give very good responses on learning with strategy generative learning.


Keywords:  Strategy Generative Learning, Cigarette Theme, Learning Process, Student Achievement,              Students Responses.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.