PENGEMBANGAN PERANGKAT IPA TERPADU TEMA MAKANAN DENGAN STRATEGI MIND MAPPING DI KELAS VIII SMPN 1 JETIS MOJOKERTO

NANI DWI LESTARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perangkat yang layak dilihat dari aspek kelayakan teoritis, kelayakan empiris dan hasil belajar siswa berdasarkan uji coba terbatas pada perangkat IPA Terpadu tema Makanan dengan strategi mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate), tetapi penelitian ini hanya terbatas sampai tahap develop. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian berupa perangkat pembelajaran yang meliputi, silabus, RPP, buku siswa, LKS dan soal evaluasi pada materi IPA Terpadu tema Makanan dengan strategi mind mapping. Uji coba terbatas dilakukan pada 16 siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2012/2013 dengan kemampuan heterogen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perangkat IPA terpadu tema makanan dengan strategi mind mapping di kelas VIII SMPN 1 Jetis Mojokerto yang dikembangkan layak digunakan dilihat dari aspek kelayakan teoritis sebesar 86% dengan kriteria sangat baik, kelay akan empiris sebesar 91,42% untuk respons positif dan hasil belajar siswa menunjukkan 87,50% siswa tuntas dan 12,50% siswa belum tuntas.


Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat IPA Terpadu, Mind Mapping


 


Abstract


This research aims to develop a viable device seen from the theoretical aspects, empirical aspect and student’s scoring based on limited testing on a device with a food theme Integrated Science mind mapping strategy. This research is the development of the 4-D model of development (define, design, develop, disseminate), but this study is limited to the stages develop. Descriptive data were analyzed quantitatively. Target of the research is a learning device that includes, syllabus, lesson plans, student books, worksheets and evaluation questions on the material Integrated Science with Food theme mind mapping strategy. Limited trial conducted at 16 eighth grade students in the academic year 2012/2013 with heterogeneous capabilities. Based on the results of research conducted, it can be concluded that the unified theme of food science with mind mapping strategies in class VIII SMPN1 Jetis Mojokerto developed is feasible from the aspects of theoretical eligibility criteria of 86% with a very good, empirical viability of 91,42% for positive response and student’s scoring showed 87,50% completed and 12,50% of students uncompleted.


Keywords: Development, Integrated Science Devices, Mind Mapping


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.