PENGEMBANGAN BUKU SISWA IPA TERPADU BERBASIS SALINGTEMAS TEMA GEMPABUMI DAN TSUNAMI SEBAGAI INTEGRASI PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA UNTUK SMP

INA ISNAINI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku siswa IPA Terpadu berbasis Salingtemas tema Gempabumi dan Tsunami yang layak berdasarkan kriteria materi, bahasa, penyajian, kesesuaiannya dengan salingtemas serta mengetahui respon siswa terhadap buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan proses pengembangan perangkatnya mengacu pada model 4-D (four D models) hingga pada tahap develop. Sumber data dalam penelitian ini adalah tim ahli meliputi dosen dan guru IPA sebagai penelaah dan validator, serta 15 siswa kelas VIII-ICP SMP YPM 5 Driyorejo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk hasil telaah dan deskriptif kuantitatif untuk hasil validasi dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kelayakan secara berturut dari aspek materi 3,24 dengan persentase 81% sangat layak, aspek bahasa mendapatkan skor 3,00 dengan persentase 75% layak, aspek penyajian mendapatkan skor rata-rata 3,02 dengan persentase 76% layak dan kesesuaian dengan salingtemas mendapat 3,33 dengan persentase 83% sangat layak. Secara keseluruhan buku siswa tersebut mendapat skor 3,09 dengan kriteria baik dan 83 % sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Siswa juga memberikan respon sangat positif sebesar 88,75% terhadap buku siswa yang telah dikembangkan.


Kata Kunci: IPA Terpadu, Kelayakan Buku Siswa, Gempabumi dan Tsunami, Pendidikan mitigasi bencana


 


Abstract


This study aims to developmental the feasibility of the integrated science student’s book based on salingtemas (SETS) in earthquake and tsunami theme viewed from the aspect of concept, language, packaging, SETS integration and also to know the students responses for this book. The type of this study is developmental and the process refers to the 4D-models just until the develop phase. The sources data of this study are expert teams which consist of lecture and science teacher as reviewer and validator, and also 15 students of class VIII-ICP SMP YPM 5 Driyorejo. The instrument used is review sheet, validation sheet, and questionnaire sheet for student responses. Data analysis was done by descriptively qualitative for analysis the result review and descriptive quantitative for validation results, and student response. The result showed that the developing student’s book has been improperly used in the learning process because have been feasibility in mention: concept scored 3,24 with 81 % very feasible,  language scored 3,00 with 75% feasible, packaging average scored on 3,02 with 76% feasible,  and the inline with SETS scored 3,33 with 83% very feasible. Students also give a very positive response which amounted 88,75% for the developed book.


Keywords: Integrated science, the feasibility of Student’s Book, SETS, Earthquake and Tsunami, Disaster Awareness Education.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.