PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA MATERI TEKANAN DARAH DI SMPN 2 SOKO

RATNA LESTARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi belajar mind mapping, pemahaman konsep siswa, dan respons siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan rancangan penelitian one shot case study. Objek penelitian adalah kelas VIII-C berjumlah 32 siswa pada tahun ajaran 2012-2013. Data pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data hasil belajar mind mapping, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotor, hasil belajar afektif dan respons siswa. Analisis dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh persentase rata-rata hasil pengamatan pembelajaran pada pertemuan I, II, dan III yaitu sebesar 81,05%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran langsung dengan menerapkan strategi belajar mind mapping pada materi tekanan darah terlaksana sangat baik. Hasil belajar mind mapping siswa dengan nilai rata-rata 77,35%. Hal ini didukung dengan hasil belajar kognitif rata-rata sebesar 77,7 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90,6% yang berkategori sangat baik. Hasil belajar psikomotor siswa mencapai persentase sebesar 87,9% yang berkategori baik dan hasil belajar afektif mencapai persentase sebesar 82,1% dengan kategori baik. Respons siswa setelah mengikuti pembelajaran langsung dengan menerapkan strategi mind mapping pada materi tekanan darah berkategori sangat kuat dengan persentase rata-rata siswa yang merespons positif sebesar 90,9%.


Kata kunci : strategi mind mapping, tekanan darah, hasil belajar, dan respons siswa.


 


Abstract


This research aims to describe the implementation of mind mapping learning strategy, conceptual comprehension of students, and response of students. Type of this research is pre experiment research with one shoot case study design. Object of the research is 32 students of VIII-C in school year 2012-2013. Data in this research is data of learning implementation, result study of mind mapping, result study of cognitive, result study of psychomotor, result study of affective and response of the students. Analysis is conducted descriptively. Based on data analysis, mean percentage score of learning observation on session I, II, and III is 81.05%. This indicates that direct learning model by implementing mind mapping learning strategy on subject of blood pressure has been implemented well. The result study of mind mapping with mean value of 77.35%. This is confirmed by result study of cognitive with mean value of 77.7 with classical completeness achieves 90.6% with very good category. The result of students’psychomotor study that reach percentage of 87.9% categorized as good and result study of affective that reach 82.1% categorized as good. Response of students after participating in direct learning by implementing mind mapping strategy on subject of blood pressure have very strong category with mean percentage of the students who positively response is 90.9%.


Keywords: mind mapping strategy, blood pressure, result study, and response of  the students.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.