PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TEMA JAJANAN ANAK SEKOLAH PADA SISWA SMP

MUHAMMAD FAIZIN

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar dan respons siswa. Jenis penelitian ini pra eksperimen dan rancangan penelitian one group pretest and posttest design dengan  sasaran penelitian siswa kelas VIII.C MTs. Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang. Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapatkan bahwa; 1). Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata hasil pengamatan pada pertemuan I, II dan III yaitu sebesar 3,42; 3,72; 3,82 dengan kategori baik, 2) Aktivitas siswa yang paling menonjol pada pertemuan I, II dan III dengan persentase 3,42; 3,71; 3,82 yaitu melakukan percobaan atau praktikum dalam kelompok.  3). Hasil belajar siswa aspek kognitif dengan ketuntasan klasikal pada pre-test sebesar 6,9% dan post-test sebesar 89%, berdasarkan uji normalitas dan uji-t terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pembelajaran sehingga penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe webbed model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar, aspek psikomotor diperoleh rata-rata pada aspek pengamatan I,II dan III sebesar 82,8; 81,0; 83,6 dengan kategori sangat baik, untuk aspek afektif diperoleh rata-rata pada pertemuan I, II dan III sebesar 63,6; 73,5; 74,6 dengan kategori baik. 4). Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dengan model pembelajaran berdasarkan masalah tema jajanan anak sekolah pada siswa SMP.


Kata kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, IPA Terpadu, Tipe Webbed


 


Abstract


This aims of this research are to describe the feasibility of study, students activity, students learning outcomes and responses. This research is pre-experimental and the design is one group pretest and post test design, the objectives of the research are the students of VIII C MTs Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang. Based on the result data analysis showed that : 1) Learning activity gained an average result of the observation at the meeting I, II and III is equal to 3.42; 3.72 ;3.82 with good category. 2) The highest student activity on the meeting I, II and III with percentage of 34.2 ; 3.71 ; 3.82 is achieved in doing the experiments or practice in groups. 3) Students learning outcomes with cognitive aspect  of classical completeness on the pre test is 6,9 % and post test is 89 %, based on the normality test and t-test, there are differences before and after learning process so The Application of integrated science “webbed type” with problem based instruction can improve learning outcomes, psychomotor aspect  achieved the average on aspect of observation I, II and III is 82.8; 81.0; and 83.6 with very good category, for affective aspect is achieved average result on meeting I, II and III is 63.6, 73.5 , 74.6 with good category. 4) Students responded very well to The Application of integrated science “webbed type” learning model based on the problems with theme students snacks at school on Junior High School students.


Keywords: Problem Based Instruction, Integrated Science, Webbed Type


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.