PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERING HEADS TOGETHER (NHT) PADA TEMA PUPUK ORGANIK MOL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LARANGAN, PAMEKASAN

MEGA CHRISTANTIA SUKMA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dengan tema Pupuk Organik MOL  dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental  design. Penelitian ini menggunakan suatu rancangan pre-test post-test group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 1 Larangan, Pamekasan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini mencakup data hasil pengamatan keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan data hasil belajar siswa yang meliputi hasil pre test – post test, nilai psikomotor, nilai afektif. Secara umum, keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dari pertemuan 2 ke pertemuan 3 mengalami peningkatan, yaitu dari 3.65 menjadi 3.76 pada pertemuan 3.Berdasarkan analisis data dengan uji normalitas diperoleh X2hitung = 3.73< X2tabel = 7.81. Ini berarti bahwa sampel berdistribusi normal. Pengujian hipotesis terhadap hasil belajar siswa dengan uji-t dua pihak diperoleh thitung > ttabel yang berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata pre test dengan post test. Ranah psikomotor dan afektif siswa menunjukkan hasil yang cukup baik pa da tiap aspek penilaian. Ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai, karena 87.5% siswa sudah tuntas secara individu.


Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, IPA terpadu, tema Pupuk Organik MOL, hasil belajar siswa.


 


Abstract


This research aimed to describe implementation of cooperative learning model with type of Numbering Heads Together (NHT) on integrated science learning type of webbed at topic of MOL Organic Fertilizer  and student learning outcome . This research was pre  experimental research using design pre test and post test group . The sample used in this study were students of class VIII – 3 at SMP Negeri 1 Larangan, Pamekasan . Data obtained included the  learning outcome (cognitive:  pre-test and post-test), psychomotoric, and affective aspects. It was know that, the implementation of cooperative learning type of NHT for meeting  the second to the third meeting has increased, from 3.76 to 3.65. Based on data analyzed using  normality test was obtained X2count = 3.73< X2table = 7.81. It means that sample was distributed normally. Test of the hypothesis on students learning outcomes using two side t-test was obtained tcount > ttable. It means that there was significant difference between pre-test average and the post-test average. On the other hand,  psychomotoric and affective aspects, students showed good enough on each aspect. Because 87.5% of students were mastered individually, mastery learning  classically was reached as well.


Keywords:  Cooperative Learning model type of NHT, integrated science , Organic Fertilizer MOL topic,  student learning outcome .


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.