IMPLEMENTASI LKS IPA TERPADU BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJOSARI

DYAH PUSPITA SARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir ilmiah, sikap ilmiah, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas psikomotor siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran IPA terpadu dengan menerapkan Lembar Kegiatan Siswa berorientasi guided discovery pada tema Es Lilin di SMPN 1 Mojosari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre eksperimental design yang hanya memberi perlakuan pada satu kelas saja yaitu kelas VIII B. Berdasarkan hasil perhitungan analisis pada uji normalitas diperoleh Lo (0,1250) < Ltabel (0,1565), ini berarti bahwa sampel yang digunakan berdistribusi normal. Setelah dilakukan penerapan LKS IPA terpadu berorientasi guided discovery, dilakukan postest untuk mengetahui keterampilan berpikir ilmiah siswa dan hasil belajar kognitif produk. Keterampilan berpikir ilmiah siswa mengalami peningkatan. Pada saat pretest hanya 41% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 62, dan meningkat pada saat postest menjadi 87% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 83. Perbedaan hasil pretest dan postest dikatakan signifikan, dibuktikan dengan uji t diperoleh thitung (11,96) > ttabel (1,684) dengan taraf signifikan α = 0,05. Sikap ilmiah siswa pada pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata 75,6 dengan kriteria kuat dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 86,9 dengan kriteria sangat kuat. Keterlaksanaan pembelajaran berlangsung efektif, ditunjukkan dari peningkatan skor rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 3,48 dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada pertemuan kedua sebesar 3,58 dengan kriteria baik. Aktivitas psikomotor siswa menunjukkan ketuntasan secara klasikal dengan nilai rata-rata 78,4 dan kriter ia kuat. Siswa memberikan respons yang sangat baik terhadap pembelajaran dengan menerapkan LKS IPA terpadu berorientasi guided discovery, dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 94,96%.


Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa IPA terpadu berorientasi guided discovery, keterampilan berpikir ilmiah, sikap ilmiah.


Abstract


The aims of this research are to describe the scientific thinking skills, scientific attitudes, completeness of learning, students psychomotor activity, and the response of the students on integrated science learning by applying student worksheet oriented to guided discovery on the theme Es Lilin in SMPN 1 Mojosari. This research was pre experimental research design which only gave treatment to one class only that is a class VIII B. Based on the analysis of the calculation results obtained Lo (0.1250) < Ltables (0.1565), this means that the sample used is normally distributed. After the application of student worksheet oriented to guided discovery, conducted ​​postest to determine scientific thinking skills of students and learning outcomes of cognitive products. Scientific thinking skills of students has increased. At the time of pretest only 41% of students who completed with an average value of 62, an increased as the postest to 87% of students who completed with an average value of 83. Pretest and postest differences in results significantly said, evidenced by the t-test obtained tcount (11.96) > ttable (1.684) with significance level α = 0.05. Scientific attitude of students at the first meeting obtained an average value of 75.6 with strong criteria and increased to 86.9 in the second meeting with a very strong criterion. Completeness of learning is effective, shown by an increase in the average score of 3.48 at the first meeting with fairly good criteria and increased in second meeting of 3.58 with good criteria. Students psychomotor activity demonstrate completeness classically with an average value of 78.4 and a strong criteria. Students respond very well to learning by implementing an integrated science integrated student worksheet oriented to guided discovery, with the percentage of students who gave a positive answer is 94.96 %.


Keywords : an integrated science student worksheet oriented to guided discovery, scientific thinking skills, scientific attitudes.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.