PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS IX PADA TEMA VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

SATRIA

Abstract


Abstrak


Penelitian pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas IX pada tema Virgin Coconut Oil (VCO) bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS, peningkatan keterampilan berpikir krtis setelah dilakukan pembelajaran serta respon siswa terhadap LKS yang diberikan. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan LKS  pembelajaran IPA terpadu ini menggunakan model 4D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap meliputi  tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan) , Develop (Pengembangan), dan Destiminate (Penyebaran). Namun dalam pengembangan LKS ini hanya pada sampai pada tahap pengembangan saja.Hasil dari pengembangan LKS yang telah dikatakan layak kemudian di uji cobakan pada siswa SMPN 1 Sedati sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan One Group pretest and posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik telaah untuk mendapatkan saran LKS yang dikembangkan, validasi untuk mengetahui kelayakan LKS dan angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan LKS. Hasil penelitian diperoleh untuk kelayakan LKS yaitu rata-ratanya 81,9% ditinjau dari kelayakan isi, sebesar 78,3% dari kelayakan penyajian dan sebesar 81,7% dari kelayakan kebahasaan. Keterampilan berpikir kritis siswa setelah pemberian LKS Berorientasi inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dari rata-rata 10%  menjadi 74,6 % serta respon positif siswa terhadap LKS yang dikembangkan adalah positif dengan rata-rata 91,9% sehingga LKS Berorientasi inkuiri layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Kata kunci:  Lembar Kerja Siswa, Inkuiri, IPA Terpadu, Keterampilan Berpikir Kritis,  Tema Virgin Coconut Oil (VCO), Siswa SMP Kelas IX.


 


Abstract


Research development of student worksheet (LKS) inquiry oriented to improve students critical thinking skills of junior class IX on the theme of Virgin Coconut Oil    (VCO ) is intended to describe the feasibility of LKS , improved thinking skills Krtis after learning as well as students' response to a given worksheet . This type of research refers to research and development (Research and Development ) . Development of integrated learning science worksheets using 4D models (Four -D) which consists of 4 stages include the Define phase, Design, Develop , and Destiminate. But in this worksheet development only reached the stage of development at saja.Hasil of development worksheets that have been said to be feasible then tested on students SMPN1 Sedati many as 23 students . This study used a design one group pretest and posttest design . The data in this study was obtained through the study of techniques to get suggestions developed LKS , LKS validation for knowing eligibility and student questionnaire responses to determine students' responses after using worksheets . The results obtained for the feasibility study worksheets that averaged 81.9 % in terms of the feasibility of the content , amounting to 78.3 % of the presentation of the feasibility and viability of 81.7 % of the language . Critical thinking skills of students after administration of BLM -oriented inquiry can improve critical thinking skills of the average 10 % to 74.6 % and the positive response of students to the worksheets that were developed were positive with an average of 91.9 % thus worthy of inquiry -oriented worksheets used in learning process.


Keywords: Student Worksheet , Inquiry , Integrated Science , Critical Thinking Skills , Themes Virgin Coconut Oil ( VCO ) , Class IX junior high school students.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.