UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR IPA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIII MTS DARUL ULUM SAMBENG LAMONGAN

SURWIYANTO

Abstract


Abstrak


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di MTs Darul Ulum Sambeng Lamongan, motivasi belajar IPA dan hasil belajar IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Sambeng Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari 72,96% menjadi 75,70% dan hasil belajar siswa meningkat dari 55,88% menjadi 88,24%. Selain itu, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran telah baik dan sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa semakin membaik. Dari hasil tersebut dapat dikatakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar IPA khususnya pada materi pertumbuhan dan perkembangan.


Kata kunci: motivasi, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif.


 


Abstract


Based on the observation in MTs Darul Ulum Sambeng Lamongan, the motivation of study especially IPA and the students’ learning achievement in IPA is low. The aims of the research is increase the motivation of study and the students’ learning achievement in IPA with cooperative learning model type STAD on matter growing and development. This research is a Classroom Action Research consisted of two cycles and each cycle comprising two meetings. The objective of this research is class VIII MTs Darul Ulum Sambeng Lamongan. The results showed that motivation of study increase from 72,96% in cycle I to75,70% in cycle II and the students’ learning achievement increase from 55,88% in cycle I to 88,24% in cycle II. Beside that, the activity of teacher to manage the laerning done well and so well. The average the activities of teacher to manage the laerning increases from 2,86 to 3,25. Whereas the activities of student be better. From the all results indicates the cooperative learning model type STAD can increase the motivation of study and the students’ learning achievement in IPA especially on matter growing and development.


Keywords: motivation, learning achievement, the cooperative learning model.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.