PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA ROKET AIR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DLANGGU MOJOKERTO

HERU

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian untuk menjelaskan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran IPA Terpadu tipe Webbed menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tema roket air di kelas VIII SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto tahun ajaran 2013/2014 pada semester Gasal yang terdiri dari 16 siswa menggunakan metode Pre Experimental Design dengan model rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design. Hasil yang diperoleh  menunjukkan bahwa: (1). Keterlaksanaan pembelajaran IPA Terpadu tipe Webbed menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tema roket air telah dilakukan dengan kriteria baik dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,6 (2). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu tipe Webbed menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tema roket air dapat dikategorikan sangat baik. Hasil belajar Kognitif siswa menunjukkan sebanyak 93,75% siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata siswa 84,69. Ketuntasan belajar Afektif siswa yang diperoleh mencapai 100% dengan nilai rata-rata siswa 86,33. Ketuntasan belajar Psikomotor siswa yang diperoleh juga mencapai 100% dengan nilai rata-rata siswa 83,85. (3). Respon siswa sangat baik terhadap penerapan pembelajaran IPA Terpadu tipe Webbed menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tema roket air. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPA Terpadu tipe Webbed menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tema roket air layak diterapkan pada proses pembelajaran. Peneliti menyarankan pada pembelajaran IPA Terpadu guru harus pintar melakukan inovasi dalam metode dan proses penyampaian materi pembelajaran.


Kata kunci:  Pembelajaran IPA Terpadu tipe Webbed, Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Roket Air.


 


Abstract


This research has been conducted to explain feasibility learning, student achievement, and student response after Implementation Of Integrated Science learning type Webbed were implemented using Cooperatif learning model type STAD at theme Water Rocket in VIII classroom at SMP Negeri 1 Dlanggu. This research conducted in VIII D classroom at SMP Negeri 1 Dlanggu Mojokerto in even semester of academic year 2013/2014 which 16 student within using Pre Experiment Design with One Group Pretest Posttest design. The result shows that: (1) The implementing of integrated science learning type webbed using Cooperatif learning model type STAD at theme water rocket conducted with good criteria with average obtained was 3.6. (2) Student learning outcomes in the Implementing of Integrated Science Learning type Webbed using Cooperatif learning model type STAD at theme Water Rocket can be considered very good . Cognitive learning outcomes of students showed 93.75 % of students achieve mastery classical with an average value 84.69. In Afective learning outcomes of students showed 100 % of students achieve mastery learning  with an average value 86.33. And In Psychomotor  learning outcomes of students showed 100 % of students achieve mastery learning  with an average value 83,85. ( 3 ) . Students response very well to the Implementing of Integrated Science Learning type Webbed using Cooperatif learning model type STAD at theme Water Rocket. The results showed Integrated Science learning type Webbed using Cooperatif learning model type STAD at theme Water Rocket can be applied to the learning process. Researchers suggest in the Integrated Science learning, teacher must smart to find innovation in the methods and process of delivering learning materials.


Keyword:  Integrated science learning type Webbed, Kooperatif learning model, Water Rocket


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.