PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF KARTU MISTERI SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA UNTUK KELAS VIII SMP

MUHAMMAD FATONY

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media kartu misteri sains dengan tema bahan kimia rumah tangga yang dikembangkan berdasarkan kelayakan isi yaitu hasil validasi Dosen dan Guru IPA, dan berdasarkan kelayakan empiris yang diperoleh dari hasil respon siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan model 4-D (4-D models) yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (Develop). Tahap define didapat bahwa SMP Negeri 3 Waru menggunakan kurikulum KTSP untuk kelas VIII, namun dalam penerapannya belum mengajarkan IPA terpadu secara optimal. Tahap design menghasilkan desain awal kartu misteri sains. Tahap develop didapatkan saran untuk perbaikan media kartu misteri sains kemudian divalidasi oleh 2 Dosen ahli FMIPA serta 1 Guru dari SMP Negeri 3 Waru dan diujicobakan secara terbatas pada 16 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Waru. Metode   pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu misteri sains tema bahan kimia rumah tangga  yang dikembangkan layak untuk digunakan. Persentase kelayakan berdasarkan hasil validasi dari dosen dan guru IPA sebesar 85,96% (sangat layak). Siswa memberikan respon positif sebesar 89,38% (sangat layak). Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar, secara klasikal siswa dinyatakan tuntas dengan persentase sebesar 81,25%.


Kata Kunci: Pengembangan, Media Kartu Misteri Sains, Bahan Kimia Rumah Tangga, Media Pembelajaran.


 


 


Abstract


This research aims to describe the eligibility of science mystery card media with household chemicals theme which is developed based on the content eligibility that is the results of lecturer and science-teacher’s validation, and also based on the empirical feasibility results that is obtained from students’ responses. The design of this study is 4  -  D  models which consist of 4  stages, they are: Define, Design, Develop, and Disseminate. However this study is limited to the development stage (Develop). Define stage obtained that SMP Negeri 3  Waru uses KTSP curriculum for eighth grade but in the implementation has  not been teaching integrated science optimally. Design stage created first design of science mystery card. Develop stage obtained suggestions for science mystery card media improvement then is validated by 2 expert lecturers from Mathematics and Science Faculty and also a teacher from SMP Negeri 3 Waru and it tested on a limited basis on 16 students of eighth grade of SMP Negeri 3 Waru. Data collection methods used questionnaires and tests analysis. The results shows that science mystery card media development with household chemicals theme is eligible to be used. Percentage of the eligibility which is based on the validation result from the lecturer and science teacher is by 85.96 % (very decent). Students responded positively by 89.38 % (very decent). Meanwhile for the learning result achievement, students are classically avowed pass with a percentage of 81.25%.


Keywords : Development, Science Mystery Card Media, Household Chemicals, Learning Media.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.