PENERAPAN PERMAINAN ENGKLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

LINDA WAHYU AGUSTIN

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan media permainan engkle sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre Experimental Design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Sidoarjo pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel sebanyak 1 kelas VII-9. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa melalui angket pada tiap pertemuan mengalami peningkatan yang signifikan. Pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh gain sebesar 0,71 dan tergolong dalam kriteria tinggi, pertemuan kedua dan ketiga diperoleh gain sebesar 0,17 dengan kriteria rendah. Untuk minat belajar siswa melalui observasi pada tiap pertemuan juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh gain sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi, pertemuan kedua dan ketiga diperoleh gain sebesar 0,21 dengan kriteria rendah. Hasil belajar siswa ranah pengetahuan mengalami peningkatan yang signifikan dan memperoleh gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang dan mencapai ketuntasan klasikal 94%. Untuk hasil belajar ranah sikap dan keterampilan diperoleh sebesar 80,5% dan 53,1% termasuk dalam kriteria sangat baik.


Kata Kunci: media permainan engkle, minat belajar, hasil belajar.


 


Abstract


This research was aimed to describe improving learning and student learning outcomes after applied learning with engkle game as a learning media on global warming material. This type of research is pre Experimental Design or quasi-experimental research design used by one group pre-test and post-test design. The research was conducted in SMP Negeri 2 Sidoarjo in the second semester of academic year 2013/2014 with a sample of 1 class VII. Methods of data collection that used were questionnaires method, observation and tests. The results showed that student's interest through a questionnaire at the each meeting experienced a significant increase. At the first and second meetings gaining 0,71 with high criteria, the second and third meetings gaining 0,17 with low criteria. For the interest of student learning through observation at the each meeting also experienced a significant increase. First and second meetings gaining 0,72 with high criteria, second and third meetings gaining 0,21 with low criteria. Student learning outcomes domain of knowledge has increased significantly and the gain is 0.64 with the medium criteria and reach 94% of classical completeness. For the study domain of attitudes and skills gained by 80,5% and 53,1% included in the very well of criteria.


Keywords: engkle game media, interest in learning, learning outcomes.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.