PEMANFAATAN SELF REGULATED LEARNING PADA MODEL PEMBELAJARAN PBI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA SOFT DRINK DI KELAS VIII SMPN 25 SURABAYA

YUSEFIN AJENG INTARAWATI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain pre-test and post- test. Pelaksanaan penelitian ini di kelas VIII B SMPN 25 Surabaya, semester genap pada tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar pada siswa setelah diterapkannya self regulated learning pada model pembelajaran PBI, mendeskripsikan hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar pada siswa, dan mendeskripsikan respon siswa dengan diterapkannya self regulated learning pada model pembelajaran PBI. Hasil belajar pada siswa dapat dikatakan tuntas dengan memperoleh rata-rata kelas sebesar 77 setelah diterapkannya self regulated learning pada model pembelajaran PBI, dengan nilai ketuntasan klasikal kelas sebesar 86,11%. Hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar kognitif pada siswa dianalisis menggunakan Z score dan diperoleh nilai r sebesar 0,70 yang berarti memiliki hubungan yang kuat antara kedua variabel. Analisis respon siswa terhadap pembelajaran menunjukan hasil yang positif, sebanyak 94% dari 36 siswa menyatakan proses pembelajaran IPA yang memanfaatkan self regulates learning pada model pembelajaran PBI dengan tema soft drink menarik dan menyenangkan.


Kata Kunci: Self regulated learning, PBI, hasil belajar.


 


Abstract


This research is experimental research design using pre-test and post test design. The implementation of this research in class VIII B SMPN 25 Surabaya at the first semester 2013 / 2014.The purpose of this research was to describe the results of learning’s students after implementing self regulated learning on the learning model of PBI, describe the relationship between the self regulated learning with learning outcomes’s students, and describes the response of the students by implementing self regulated learning on the learning model of PBI. Results of the study on students can be said to be completely with the class average gain of 77 after implementing self regulated learning, while a value of classical completeness are 86,11 %. By using the z score analysis to find out the relationship between the self regulated learning with cognitive learning outcomes’s students obtained the value of 0.70, which means to have a strong relationship between the two variables. Analysis of the response of students to study showed positive results, as many as 94% of the 36 students declared learning IPA that use self regulates learning on the learning model of PBI with the theme of soft drink are interesting and fun.


Keywords: Self regulated learning, PBI, learning outcomes.  


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.