PENGGUNAAN PERMAINAN ENGKLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN SISWA

SITI AISYAH TONG

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi lisan dalam mengemukakan pendapat,peningkatan hasil belajar kognitif siswa, dan respon siswa setelah menggunakan permainan engkle sebagai media pembelajaran pemanasan global melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenispenelitian yang digunakanadalahpre Experimental Designatau eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakanonegrouppre-testand post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi lisan siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat secara signifikan dengan kriteria gain score sedang (<g> = 0,52), hasil belajar kognitif siswa meningkat secara signifikan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata kelas dan uji-t berpasangan, serta siswamemberikanrespon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan permainan engkle sebagai media pembelajaran pemanasan global melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dari segi ketertarikan, manfaat, dan kualitas permainan dengan persentase rata-ratasebesar 95,6% (sangat kuat).


KataKunci:Permainan Engkle, Media Pembelajaran, Keterampilan Komunikasi Lisan, Pemanasan Global


 


Abstract


This research aimed to find out the improvement of oral communication skills in expressing the opinions, the improvement of students’ mastery of cognitive learning outcomes, and the response of students within using of engkle games as educational mediaat global warmingmatter through cooperative learning typed STAD. This type of research is pre Experimental Design or quasi-experimental research design which used one group pre-test and post-test design. The results showed that students’ oral communication skills in expresing opinions increased significantly with gain score criteria is medium (<g>=0,52), mastery of cognitive learning outcomes of students increased significantly based on increased of the class’ average value and paired samples test, and students responded positively to the learning by using engkle games as educational media at global warming matter through cooperative learning type STAD in some aspects involvesthe anxiety, benefits, and quality of the games with an average percentage of 95.6% (very strong).


Keywords:Engkle Games, Educational Media, Oral Communication Skills, Global Warming


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.