IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA GUNUNG BERAPI

FADIAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang seharusnya diajarkan secara terpadu sesuai amanat kurikulum secara utuh belum dilaksanakan di lapangan dan dari hasil pra-penelitian yang dilakukan pada 32 siswa MTs Kanjeng Sepuh Sidayu diketahui bahwa 51,3% siswa masih memiliki kemampuan berpikir kurang kritis. Hal tersebut juga didukung dengan hasil observasi bahwa sebanyak 56,25% siswa menyatakan bahwa pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang sulit sehingga diperlukan model pembelajaran yang menarik untuk mengubah pendapat siswa tentang mata pelajaran IPA dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dengan tema gunung berapi di kelas VIII D MTs Kanjeng Sepuh Sidayu. Metode penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII D MTs Kanjeng Sepuh Sidayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberikan terlaksana dengan sangat baik dengan skor 3,27. Hasil pretest dan posttest berorientasi kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dan dilakukan uji t-berpasangan menghasilkan nilai thitung sebesar 7,12 dan thitung lebih besar dibanding ttabel yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, kemudian nilai pretest dan posttest tersebut dianalisis gain skor untuk mengetahui kriteria kemampuan berpikir kritis siswa dan diperoleh hasil sebanyak 59,38% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, 18,75% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dan 21.87% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Kesimpulannya bahwa implementasi pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) mampu melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema gunung berapi dengan respons baik siswa tentang pembelajaran tersebut sebanyak 96,88%.


Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Number Head Together), Kemampuan Berpikir kritis Siswa, Gunung berapi.


Abstract


The background of this research is that learning science that should be taught in an integrated manner as mandated by the curriculum as a whole has not been implemented in the field and from the results of the pre-research conducted on 32 students of MTs Kanjeng Sepuh Sidayu known that 51,3% of students still lack critical thinking skills. That was also supported by the results of the observation that as many as 56,25% of students stated that science was a difficult subject so interesting learning models necessary to change student's opinions about science subjects and can improve critical thinking skills and one of them was the type of cooperative learning NHT (Number Head Together). This research can used to describe student's critical thinking skills of an integrated science learning with cooperative learning model NHT (Number Head Together) on the theme of the volcano in class VIII D MTs Kanjeng Sepuh Sidayu. The method in this research was a pre-experimental with a one group pretest posttest design. Subjects were 32 students of class VIII D MTs Kanjeng Sepuh Sidayu. The result of this research was explaned that learning science carried out by a good category with 3,27 score and pretest and posttest results oriented critical thinking skills acquired paired t-test with a result of 7,12 and t-count greater than t-table which showed a significant difference, then the value of the pretest and posttest gain scores were analyzed to determine the criteria of critical thinking skills student and obtained the results as much as 59,38% of students have a higher critical thinking skills, 18,75% of students have critical thinking skills and 21,87% of students have the low critical thinking skills. The conclusion that the implementation of an integrated science learning with cooperative learning model NHT (Number Head Together) capable trying critical thinking skills of students on the theme of the volcano with a good response to the students about learning as much as 96,88%.


Keywords : Cooperative Learning type NHT (Number Head Together), Critical Thinking Skills, Volcano


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.