PENERAPAN STRATEGI STUDENT QUESTIONS VS TEACHER QUESTIONS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA

ATIQOH MAHFUD

Abstract


Abstrak


Penelitian yang berjudul Penerapan Strategi Student Questions vs Teacher Questions terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa bertujuan untuk menjelaskan perbedaan penguasaan konsep peserta didik, menjelaskan perbedaan kemampuan berkomunikasi peserta didik, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan mendeskripsikan respon siswa yang menggunakan strategi student questions dan teacher questions. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian“Pretest-Posttest Intact-Group Comparison” yang menggunakan dua kelas. Penentuan tugas setiap kelas yang digunakan tersebut dilakukan secara acak.   Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya yang memiliki nilai pre-test  yang sama antar kedua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes hasil belajar kognitif yang dilakukan dua kali pada saat pre-test dan post-test untuk mengetahui penguasaan konsep siswa dan metode observasi untuk mengamati kemampuan berkomunikasi siswa, termasuk keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data, yaitu uji beda penguasaan konsep dan uji beda kemampuan berkomunikasi yang menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dua pihak, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis respon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini tidak ada perbedaan hasil penguasaan konsep siswa pada kelas yang diberikan strategi student questions dan teacherquestions berdasarkan hasil post-test, tidak ada perbedaan hasil kemampuan berkomunikasi siswa pada kelas yang diberikan strategi student questions dan teacherquestions berdasarkan observasi pada pertemuan ketiga, peneliti mengelola pembelajaran dengan strategi student questions dan teacherquestions dengan baik, dan respon siswa terhadap kedua strategi juga baik.


Kata Kunci: Student Questions, Teacher Questions, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berkomunikasi


 


Abstract


This research has titled “ Applying Strategy of Students Questions Vs Teacher Questions in student’s understanding concept and capability in communication” for describing of the differentiation of student’s communication, describing how the learning process happen and  describing Student’s response of the use  Student Questions and Teacher Questions strategy. The design of the research is pre-experimental design with “Pretest-Posttest Intact-Group Comparison” that use two classes. The exercise at these classes is random. The sample of the research between two classes have same score in pre-test. The technic collective data that used is the cognitive final score which get from pre-test and post-test for understanding student’s capability in concept and observation method for seeing student’s capability in communication in learning process. The technic analysis data by analyzing the differentiation of understanding the concept and the differentiation of communication capability that use analyzing normality, homogenize and analyzing two side in learning process and student’s response. The result of this research have not differences score in student’s understanding concept for the class that given the strategy of student Questions and teacher Questions based on post-test score, there isn’t differences score in student’s communication capability for the class that given the strategy of student Questions and teacher Questions based on observation at the third meeting. The researcher applies learning process use strategy student Questionss and teacher Questionss and the student’s response of these strategy is very well.


Keywords : Student Questions, Teacher Questions, Understanding Concept, Comunication capability.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.