PENERAPAN PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN PERUBAHAN KIMIA

DEFI IGA MITA NILIA

Abstract


Abstrak


Penelitian tentang penerapan pembelajaran induktif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia kelas VII SMPN 2 Bojonegoro telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran induktif terhadap pengurangan miskonsepsi, keterlaksanaan pembelajaran induktif, dan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran induktif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental menggunakan one group pre-test dan post-test. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 2 Bojonegoro kelas VII B dengan jumlah 32 siswa. Data yang diperoleh meliputi hasil pre-test dan post-test, hasil keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil angket respon siswa. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan sampel penelitian berdistribusi normal dengan asym. sig (2-tailed) 0,111 dan adanya perbedaan antara nilai pre-test dan post-test dengan sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga pembelajaran induktif berpengaruh positif terhadap pengurangan miskonsepsi. Hasil analisis data yang lain menunjukkan pengurangan miskonsepsi menjadi 23,95% dari 43,12% miskonsepsi awal siswa, hasil keterlaksanaan pembelajaran induktif memiliki kriteria sangat baik, dan siswa memberikan respon sangat baik terhadap pembelajaran induktif.


Kata Kunci: pembelajaran induktif, miskonsepsi, perubahan fisika, perubahan kimia


 


Abstract


Research about application of inductive learning to reduce students misconceptions in material physics and chemical change in class VII SMP 2 Bojonegoro had been done. The research aimed to describe the effect of inductive learning to the reduction of misconceptions, inductive learning feasibility, and result student questionnaire responses to inductive learning. This research used a Pre-experimental one group pre-test and post-test. Subjects of the research were students of class VII B SMP 2 Bojonegoro with 32 students. Data obtained included the pre-test and post-test, the results of feasibility study, and the results of student questionnaire responses. These results of research were analyzed by quantitative descriptive. The analyzed data showed normal distribution of data with asym. sig (2-tailed) 0.111 and the difference between the value of the pre-test and post-test with sig (2 - tailed) of 0.000 so the inductive learning has a positive effect on reducing misconceptions. The other analyzed data showed a reduction of 23,95 % of the misconceptions 43.12 % of the initial misconceptions students, the results of the feasibility of inductive learning criterion was very well and the students responded was very well to inductive learning.


Keywords: inductive learning, misconceptions, physical change, chemical changes.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.