PEMBELAJARAN SAINS TEMA DAUR ULANG LIMBAH ANORGANIK UNTUK MELATIHKAN KECAKAPAN HIDUP PADA SISWA SMP KELAS VII SMP NEGERI 1 CERME GRESIK

VIVIN KURNIA PUTRI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, kecakapan hidup siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran sains tema daur ulang limbah anorganik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Shot Case Study” dengan sasaran penelitian sebanyak 30 siswa kelas VII-i SMP Negeri 1 Cerme Gresik tahun ajaran 2013-2014. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam tiga kali pertemuan, dengan pengamatan keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model PBI, aktivitas siwa, kecakapan hidup siswa,ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sains terlaksana dengan baik dan skor rata-rata per pertemuan berturut-turut sebesar 3,19; 3,11; dan 3,26. Aktivitas siswa yang diamati memperoleh rata-rata tertinggi pada kategori membuat dan menyajikan hasil karya sebesar 32% dan terendah pada kategori menulis yang relevan sebesar 4%. Kecakapan hidup siswa meliputi kecakapan sosial dan kecakapan proses akademik yang mengalami peningkatan setiap pertemuan yaitu sebesar 54%; 55% dan 60%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran sains tema daur ulang limbah anorganik dapat dilatihkan kecakapan hidup. Dari hasil posttestsebanyak 27 siswa tuntas dan diperoleh 96% ketuntasan klasikal. Siswa juga menunjukkan respon sangat kuat terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan persentase diatas 89%.


Kata kunci: Problem Based Instruction (PBI), Kecakapan hidup (Life Skill), Daur Ulang LimbahAnorganik.


 


Abstract


 


This research is a pre-experimental study with the purpose to describe the management of learning, student activities, student life skills, the completeness of student learning resultand the students responses toward science learning with a themeunorganic waste recycling. The design of the research is " One Shot Case Study " with the goal of research by 30 are the VII –I class students of SMP Negeri 1 Gresik Cerme 2013-2014. The implementation of research is conducted in three sessions, with observations feasibility study management with used PBI models, student activities, life skills, mastery of student learning outcomes and student responses . The analyze does it with quantitative descriptive. The result research suggesting that the science of learning management performing well and the average score every meeting respectively at 3.19; 3.11; and 3.26. Student activity observed obtaining the highest average in the category of making and presenting work by 32 % and the lowest in writing the relevant category by 4 %. Includes life skills and social skills academic process has increased every meeting is equal to 54 % ; 55 % and 60 %. This shows that by applying the science of learning theme of recycling inorganic waste can be practiced life skills. From the results total of 27 students completed the posttest and obtained 96 % classical completeness. Students also showed a very strong response to learning that has been done with a percentage above of 89 %.


Keywords: Problem Based Instruction (PBI), life skills (Life Skill), Inorganic Waste Recycling.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.