PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPOT CAPTURING UNTUK MENGUATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GLOBAL WARMING PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BABAT

KIKI SEPTARIA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan motivasi siswa setelah diterapkan metode pembelajaran spot capturing pada pokok bahasan global warming dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Babat. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental yang hanya menggunakan satu kelas perlakuan yaitu kelas VII-B. Pada pengujian kenormalan sampel diperoleh (Lo = 0,068 < L tabel = 0,154), berarti sampel dikatakan berdistribusi normal. Setelah dilakukan penerapan metode pembelajaran spot capturing, dilakukan post-test untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa. Pengujian signifikansi mean dari perbedaan pre-test dan postest diperoleh (t hitung sebesar 13,42 > t tabel sebesar 1,69), serta hasil N-Gain rata-rata siswa sebesar 0,6. Hasil ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Sedangkan pada pengujian signifikansi mean dari perbedaan pre-test dan postest motivasi belajar siswa diperoleh (t hitung = 10,38) > (t tabel = 1,69) dengan taraf signifikansi α = 0,05 maka dikatakan motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan pula. Hal ini menyatakan penerapan metode spot capturing dalam pembelajaran IPA dapat memfasilitasi siswa dalam belajar dan membuat siswa merasa nyaman, hal ini dapat membuat motivasi siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran serta secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Metode spot capturing, hasil belajar dan motivasi belajar siswa.


 


Abstract


This research to describe studying result and student’s motivation after applied spot capturing method on subject global warming in science's learning in VII class 1st Junior High School Babat. This research constitute Pre-Experimental's research that just utilizes one conduct class which is VII class B. On sample normality examination gotten by (Lo = 0,068 < L tables = 0,154), therefore sample is said was indigenous student which gets normal distribution. After been done spot capturing method learning, postest on motivation and student’s studying result have done. Signifikansi's examination from mean of pre-test and postest student studying result is gotten (t computing as big as 13.42 > t table are 1,69), also in N-Gain average is 0,6, this result declares for that students learned result experience signifikan's all step-up. Meanwhile on signifikansi's examination from mean of pre-test and postest student studying motivation is gotten (t computing = 10,38 > t table = 1,69)  with signifikansi's level α = 0,05 therefore said by student’s studying motivations increase signifikan's alae too. It declares for spot capturing method in Science's learning can facility and confortable student’s study, this can increase students motivation in stydying Science, also can signifikan increase studying result.


Keywords : Spot capturing method, motivation and student studying result. 


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.