PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS MEDIA KOMPUTER  PEMBELAJARAN PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL  UNTUK MELATIHKAN 21ST CENTURY SKILLS PADA SISWA SMP

M IMAM SYAFI I

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu berbasis media komputer pembelajaran pada tema Pemanasan Global untuk melatihkan 21st century skills yang layak berdasarkan kriteria materi, bahasa, penyajian, menjelaskan keterampilan literasi TIK serta mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan proses pengembangan perangkatnya mengacu pada model 4-D (four D models) hingga pada tahap develop. Sumber data dalam penelitian ini adalah tim ahli meliputi dosen dan guru IPA sebagai  penelaah dan validator, serta 15 siswa kelas VIIIB SMP Laboratorium Unesa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk hasil telaah dan deskriptif kuantitatif untuk hasil validasi dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kelayakan secara berturut dari aspek materi dengan persentase 81% dengan kriteria sangat layak, aspek penyajian mendapatkan persentase 84% dengan kriteria sangat layak, aspek bahasa dengan persentase 76% dengan kriteria layak, secara keseluruhan bahan ajar tersebut mendapat persentase 81 % sangat layak digunakan dalam pembelajaran. keterampilan literasi TIK siswa dengan persentase 76% kriteria positif. Siswa juga memberikan respon sangat positif sebesar 92,50%. terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan.


Kata Kunci: IPA Terpadu, Kelayakan Bahan Ajar, Pemanasan Global


 


 


THE DEVELOPMENT OF INTEGRATED SCIENCE TEACHING MATERIALS BASED ON LEARNING COMPUTER MEDIA IN GLOBAL WARMING THEME TO TRAIN THE 21 ST CENTURY SKILLS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS


 


Abstract


This study aims to developmental of the integrated science teaching materials based on learning computer media to train  21st century skills viewed from the aspect of concept, language, packaging, explaining ICT literacy skills, and also to know the students responses for this teaching materials. The type of this study is developmental and the process refers to the 4D-models just until the develop phase. The sources data of this study are expert teams which consist of lecture and science teacher as reviewer and validator, and also 15 students of class VIIB Unesa Labschool Junior High School. The instrument used is review sheet, validation sheet, and questionnaire student response sheet. Data anaysis was done by descriptively qualitative for analysis the result review and descriptive quantitative  for validation results, and student response. The result showed that the developing teaching materials has been improperly used in the learning process because have been feasibility in mention: concept with 81 % very feasible,  packaging average 84% very feasible, language 76% feasible, the overall material the teaching gets very decent percentage of 81 % is used in learning. In the ICT literacy skills 76 % positive percentage. Students also give a very positive response which amounted 92,50% for the developed teaching materials.


Key words: Integrated science, The feasibility of Student’s Book, Global warming


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.