KETERLAKSANAAN DAN RESPONS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN PEMBUATAN POSTER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS SISWA

RIRIS EKA KRISTIAWATI

Abstract


Abstrak


Keterampilan komunikasi sains penting bagi siswa SMP sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di zamannya. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi sains perlu dilatihkan kepada siswa, salah satunya dengan menggunakan media poster. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan pembuatan poster dan respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan pembuatan poster. Pembelajaran dilakukan dengan kegiatan praktikum, selanjutnya siswa menuangkan laporan tertulis dalam bentuk poster. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan, lembar penilaian portofolio yang terdiri atas penilaian poster dan presentasi, serta angket respons siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil data penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama sebesar  3,22 dan pada pertemuan kedua sebesar 3,33 masing-masing dengan kriteria baik. Respons siswa terhadap pembelajaran dengan pembuatan poster adalah memberikan respons positif, yaitu dengan skor rata-rata adalah 92,37% (sangat kuat). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan kegiatan praktikum dapat dikombinasikan dengan pembuatan poster untuk melatihkan keterampilan komunikasi sains.


Kata kunci: keterampilan komunikasi sains, poster           


Abstract


Scientific communication skill is very important for students to struggle in their era. So, scientific communication skill need to been exercised for student, the one method was with poster. This research has purposed were describe the learning activity and student’s response of learning activity with production of poster. The learning has been done with eksperiment activity, then student comunicate his write eksperiment result in poster.The research instruments were sheet of learning observation, sheet of poster valuation and sheet of presentation valuation. Data were analyzed by  descriptive-quantitatively. The result of this research showed that average score in first meeting is 3,22 and in second meeting is 3,33, they were in good criteria. Most of students give possitive response to the class activity during the lesson by using poster, the average score was 92.37%. Because of that, it it could be concluded that learning by eksperiment activity can be combined with poster to exercise sience communication skill.


Key words: sains communication skill, poster


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.