PENERAPAN PENDEKATAN SETS PADA TEMA “MEDIA TANAM ARANG SEKAM PADI” UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA SMP

IRMA AZIZATUL MUNAWAROH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kinerja ilmiah, penguasaan konsep dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan SETS pada pembelajaran IPA Terpadu Tema Media Tanam Arang Sekam Padi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental semu dengan rancangan one-group pretest and posttest. Sampel yang digunakan adalah 33 siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data (1) kinerja ilmiah dengan peningkatan nilai rata-rata hasil tes sebesar 2,36 yaitu dari rata-rata nilai pretest sebesar 0,42 dan nilai posttest sebesar 2,77. Berdasarkan hasil uji t dua pihak diperoleh thitung sebesar 8,18 dan ttabel sebesar 1,69, sehingga untuk thitung>ttabel berarti H0 ditolak dan Hi diterima yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest kinerja ilmiah, sedangkan dengan analisis Gain diperoleh peningkatan kinerja ilmiah rata-rata sebesar 0,66 dengan kategori peningkatan sedang. (2) Penguasaan konsep siswa yang diperoleh melalui tes penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 1,77 dan nilai rata-rata posttest sebesar 3,34 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79 %. Berdasarkan hasil uji t dua pihak diperoleh thitung sebesar 33,0 dan ttabel sebesar 1,69, sehingga untuk thitung>ttabel berarti H0 ditolak dan Hi diterima yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest penguasaan konsep. peningkatan penguasaan konsep dengan analisis Gain memperoleh skor rata-rata sebesar 0,70 dengan kategori peningkatan tinggi. (4) Respon siswa yang diperoleh pada penerapan pembelajaran IPA Terpadu dengan pendekatan SETS pada Tema Media Tanam Arang Sekam Padi ini mendapatkan 100 % respon dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SETS pada tema Media Tanam Arang Sekam Padi dapat meningkatkan kinerja ilmiah dengan kategori sedang dan penguasaan konsep siswa dengan kategori tinggi.


 


Kata kunci:      Pendekatan SETS, Kinerja Ilmiah, Penguasaan Konsep, Respon Siswa


 


Abstract


 


This study aimed to describe the ability of the scientific performance, mastery of concepts and students' response to the application of the approach to learning science SETS Integrated Themes Media Planting Rice Husk Charcoal. This study used a quasi-experimental research design with a one - group pretest and posttest design. The samples used were 33 students of class VII - G SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Based on the results obtained from the data ( 1 ) scientific performance with an increase in the average value of the test result of 2,36 which is the average value of  pretest is 0,42 and posttest score is 2,77. Based on the test results obtained analysis t-two sides of 8,18 and ttable is 1,69, so for t count > t table means H0 is rejected and Hi is accepted that there are differences in the average value of the pretest and posttest of scientific performance, while the analysis Gain scientific performance improvement gained an average of 0.66 with a moderate improvement category. ( 2 ) Students' mastery of concepts acquired through concept mastery test gained an average value of 1.77 pretest and posttest mean score of 3.34 with classical completeness by 79 %. Based on the test results obtained analysis t-two sides of 33,0 and ttable 1,69, so that for t count > t table means H0 is rejected and Hi is accepted that there are differences in the average value of the pretest and posttest concept mastery. Improvement Gain mastery of concepts with analysis Gained an average score of 0,70 to a high increase in the category. ( 4 ) student responses obtained in the application of science learning SETS Integrated approach to the theme Rice Husk Charcoal Growing Media is getting 100 % response criteria very well. This result that the application of this approach to the theme of Growing Media SETS Rice Husk Charcoal can improve the performance of scientific concepts and mastery of the medium category of students with high category .


 


Keywords:  SETS Approach , Scientific Performance, Mastery of Concepts, Student’s Response


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.