PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KRIAN

ARIS FARIDAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, peningkatan pemahaman konsep siswa, dan respons siswa melalui penerapan strategi peta konsep pada materi energi dan perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre Experimental Design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakan one group pre-test and post-test Design (Sugiyono, 2012: 75). Metode pengumpulan data dengan metode observasi yaitu observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, metode tes, dan metode angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,8% terlaksana dan nilai rata-rata pada pertemuan I, II dan III sebesar 3,55 (sangat baik); 3,50 (sangat baik); dan 3,48 (baik). Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada pertemuan I, II dan III menunjukkan aktivitas yang mendukung pembelajaran peta konsep yaitu mendengarkan penjelasan atau demonstrasi guru, membaca hand out, mengerjakan LKS, dan menyalin peta konsep dengan persentase rata-rata sebesar 37,1%; 16,0%; 24,8% dan 10,3%. Adapun aktivitas siswa yaitu mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat atau informasi, dan perilaku yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar dengan persentase rata-rata sebesar 0,9%; 6,3%; dan 2,6%. Peningkatan pemahaman konsep siswa memperoleh n-gain score rata-rata sebesar 0,644 dengan kriteria sedang dan mencapai ketuntasan klasikal 92%. Siswa memberikan respons yang sangat kuat terhadap penerapan strategi peta konsep pada materi energi dan perubahannya berdasarkan hasil penyebaran angket dengan persentase diatas 90% siswa menjawab ya dan didukung dengan hasil wawancara siswa.


Kata kunci : strategi peta konsep, pemahaman konsep.


 


Abstract


The research aimed to describe the implementation of learning, the students activity during the process learning, improve student’s concept understanding, and student’s responses through implementation of concept mapping strategy on matterial of energy and alteration. This type of research is pre experimental or quasi experimental design with the study design used one group pre-test and post-test design (Sugiyono, 2012: 75). Method of collecting data by observation method of the implementation of learning and students activity, test method, and question form and interview method. The result showed that the implementation of learning carried out by 96,8% and average value in 1st, 2nd, and 3th meeting by 3,55 (very good); 3,50 (very good); and 3,48 (good). Students Activity during the process learning at 1st, 2nd, and 3th meeting showed activity that support the concept mapp learning are listening to teacher explanation or demonstration, reading handouts, copying a concept mapping with average percentage by 37,1%; 16,0%; 24,8% dan 10,3%. The activities which students ask questions, express opinions or information, did worksheets, and inrelevant behaviours to the teaching and learning activities with the average percentage by 0,9%; 6,3%; dan 2,6%. The improved of student’s concept understanding obtained n-gain score at 0.644 with the medium criterion and realized to clasical completeness by 92%. The students given a very strong responses to implementation on concept mapping strategy to matterial of energy and alteration based on the result of spreading questionare with percentage above 90% of the students answered yes and supported with the result of students interview.


Keywords : concept mapping strategy, concept understanding.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.