PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E PADA TEMA STROKE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 MADIUN

SEPTY SULISTYANINGRUM

Abstract


Abstrak


Penelitian dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang kurang berperan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Madiun rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) pada tema Stroke, hasil belajar dan respon siswa. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan pra eksperimen dengan desain “One Group Pretest – Posttest Design”. Sasaran penelitian yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E tema Stroke dapat terlaksana secara keseluruhan dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat dengan kategori sedang secara signifikan dari pretest ke posttest dengan ketuntasan klasikal sebesar 91%, pada aspek psikomotor menunjukkan bahwa keterampilan psikomotor siswa termasuk dalam kategori baik sekali, sedangkan pada aspek afektif termasuk pada kategori baik. Respon siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E tema Stroke sangat positif.


Kata Kunci: Model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E, Hasil belajar, Stroke


 


Abstract


The research based of many students which has less active role in the learning so that student learning outcomes at SMP Negeri 3 Madiun are low. Purpose of this research was to describe the learning model cycle study learning cycle  in “Stroke”, learning outcomes and student responsibility. Type of this research based the quasi-experiment, the design was "One Group Pretest - Posttest Design", which VIII–A class was the experiment class with 32 students. Results of the research using learning cycle 5E with “Stroke” can be implemented as a whole with a very good category, student learning outcomes in the cognitive aspects increased significantly with the medium category and classical passing grade at 91%, student psychomotoric skills was good categories as well,  the affective aspects was good categories. The response of students during teaching and learning activities with 5E learning cycle model  with “Stroke” very positive.


 


Keywords: 5E Learning cycle model,  Learning Outcomes, Stroke


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.