PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERPENDEKATAN SETS PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN TEMA BRIKET SEKAM PADI DI KELAS VII SMP

RIA SAFITRI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap Model Problem Based Instruction (PBI) Berpendekatan SETS   Pada Pembelajaran IPA dengan Tema Briket Sekam Padi. Penelitian ini menggunakan pre eksperimental design dengan rancangan pre test and post test group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Glagah, Lamongan. Data yang diperoleh meliputi keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran PBI Berpendekatan SETS pada tema briket sekam padi dari pertemuan 1 hingga pertemuan ke 2 telah berjalan 100% dengan skor 3,6 pada pertemuan pertama dan 3,5 pada pertemuan kedua. Hasil belajar  untuk uji normalitas diperoleh   hitung = -5,20 < tabel = 11,1, ini berarti bahwa sampel telah berdistribusi normal. Pengujian hipotesis terhadap hasil belajar siswa dengan uji-t dua pihak diperoleh thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata pre test dengan post test. Ranah keterampilan dan sikap siswa menunjukkan hasil yang cukup baik pada tiap aspek penilaian. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa untuk ranah keterampilan adalah 3,37 dan semuanya telah mencapai ketuntasan. Ketuntasan untuk ranah sikap juga telah tercapai, seluruh siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai, karena 82% siswa sudah tuntas secara individu. Kegiatan pembelajaran mendapatkan respon yang baik dari para siswa, karena 100% siswa merasa senang dalam belajar IPA dengan tema briket sekam padi.


 


Kata Kunci: Problem Based Instruction, Pendekatan SETS, Briket Sekam Padi, keterlaksanaan, hasil belajar siswa dan respon siswa.           


Abstract


This research aims to describe implementation, student learning achievement, and student response on Problem Based Instruction (PBI) model with SETS approach on Science learning with topic of husk briquette. This research was used pre-experimental design with pretest and posttest group design. The samples in this research were student grade VII in SMP Negeri 1 Glagah, Lamongan. Data obtained in this research were learning implementation, student learning achievement, and student response toward instruction. Learning implementation of PBI with SETS approach on topic of husk briquette was started from lesson 1 and lesson 2 with percentage of learning implementation was 100% with score 3,6 at first lesson and 3,5 at second lesson. Based on data analysis of learning achievement, it obtained normality test result calculation =  -5,20 < table = 11,1, this meant that samples distributed normally. The hypothesis test of student learning achievement with two sample t-test obtained tcalculatio > ttable which meant that there was significant difference between mean of pretest and posttest. Skill and attitude of student shows good on each assessment aspects. The average score obtained by student for skill was 3,37 and entirely completed.  The attitude field completeness also achieved with all students in good category and very good category. Classical completeness achieved, because 82% students completed individually. Learning activity in this research got good response of students, 100% students feel satisfied along Science learning with topic of husk briquettes.


 


Keywords: Problem Based Instruction, SETS Approach, Husk Briquette, Implementation, Student Learning Achievement And Student Response   


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.