IMPLEMENTASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

MOHAMAD FAUZI NUR FACHRUDIN

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains siswa, dan respons siswa terhadap model pembelajaran guided inquiry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian exsperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design, dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VII-J SMPN 4 Kediri. Sampel diambil dari populasi yang ditetapkan dengan teknik purposif sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan proses sains, dan lembar respons siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara diskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembela jaran guided inquiry berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rerata dari pertemuan 1 hingga pertemuan 3, yaitu sebesar 3,32 (kriteria sangat baik) pada pertemuan 1, 3,78 (kriteria sangat baik) pada pertemuan 2, dan 3,84 (kriteria sangat baik) pada pertemuan 3. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji normalitas diperoleh Lo (3,91) < Ltabel (7,81), ini berarti sampel berdistribusi normal. Dari analisis uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan untuk setiap aspek keterampilan proses sains yang dilatihkan. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dinyatakan mengalami perbedaan signifikan, hal ini didasarkan dari hasil uji-t diperoleh thitung (16,67) > ttabel (1,70) dengan taraf signifikan α = 0,05. Siswa memberikan respons positif yang sangat kuat terhadap proses pembelajaran dengan model guided inquiry, dengan persentase siswa yang memberikan respons positif sebesar 92%..


Kata Kunci: Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains


 


Abstract


This aimed to describe the enforceability of learning, science process skills of students and students' response to guided inquiry learning model. This type of research is experimental, design with pre experimental design and  The population used in the study were students of class VII J SMPN 4 Kediri. The samples used in the study were students of class VII-J SMPN 4 Kediri. Samples took  from population with purposif sampling technique. The research instruments used include the enforceability observation sheet, science process skills exemination sheet, and students response sheet. Data analysis was done by quantitative descriptive Technique of The results showed, enforceability guided inquiry learning model is effective, with an increase in the average score of the meeting 1 until 3, 3.91 (very good criteria) at meeting 1, 3.78 (very good criteria) at meeting 2, and 3.84 (very good criteria) at meeting 3 . Based on calculations derived Lo normality test (3.91) < Ltabel (7.81), this means that the sample is normally distributed. From the analysis of the N-Gain test showed an increase for every aspect of science process skills. The difference results of pre-test and post-test is said to significantly, evidenced by the t-test obtained t (16.67)> t table (1.70) with significance level α = 0.05. Students respond well at all to learning by applying guided inquiry learning model, with the percentage of students who gave a positive answer is 92%.


Keywords: Guided Inquiry, Science Process Skills


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.