PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA EKSPERIMEN IPA BERORIENTASI ACTIVE LEARNING MATERI TEKANAN PADA ZAT CAIR UNTUK MENGAKTIFKAN SISWA KELAS VIII SMP

LAILYS SAADAH

Abstract


Abstrak


Pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 mendorong siswa belajar melalui keterlibatan aktif dan bereksperimen. Salah satu strateginya adalah dengan active learning. Maka perlu adanya pengembangan LKS Ekperimen IPA berorientasi active learning materi tekanan pada zat cair untuk mengaktifkan siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS ditinjau dari syarat didaktik, konstruksi, dan teknik. Selain itu untuk mendeskripsikan keaktifan siswa selama menggunakan LKS, hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan serta respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) yang mengacu pada model 4D. LKS yang dikembangkan dinilai oleh dua orang dosen dari FMIPA UNESA, dan satu orang guru IPA SMP, serta diujicobakan pada 20 siswa kelas VIII-A SMPN 1 Singgahan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, angket, dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah LKS eksperimen IPA berorieantasi active learning materi tekanan pada zat cair untuk mengaktifkan siswa kelas VIII SMP. Analisis data hasil penilaian LKS yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh persentase kelayakan sebesar 90,10%. Keaktifan siswa dikatakan sudah efektif, diperoleh persentase rata-rata 99,37%. Hasil Belajar siswa pada kompetensi pengetahuan yang mengacu pada keterampilan proses mencapai persentase rata-rata sebesar 83%. Respon positif siswa terhadap LKS diperoleh persentase rata-rata sebesar 87,2%. Dapat disimpulkan bahwa LKS eksperimen IPA berorientase active learning yang dikembangkan dapat mengaktifkan siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA.


Kata Kunci: Active Learning, Pembelajaran IPA, Kurikulum 2013, LKS, Keaktifan Siswa, Tekanan pada Zat Cair


 


Abstract


Learning in science curriculum 2013 encourages students learning through active engagement and experimenting. One of the strategies is to active learning. Then need of development of experimental science student worksheet oriented active learning matter pressure at the liquid to enable student of class VIII Junior High School. This research aims to describe The eligibility of worksheets students viewed from didactic Qualified, construction Qualified, and technique Qualified. Moreover to describe student activity during use student worksheet, learning outcomes on knowledge competence and responses of students from the developed student worksheet. This research is Research and development (R&D) the reference to 4D model. That student worksheet is assessed by two lecturers of  FMIPA UNESA, one teachers of science subject in junior high school, and tested on 20 students of class VIII-A State Junior High School of Singgahan. Data collection methods used were observations, questionnaires, and tests. Result from this research is experimental science student worksheet oriented active learning matter pressure at the liquid to enable students of class VIII Junior High School. Data analysis of the result of overall validation an obtained appropriateness percentage 90,10%. Student activity during use student worksheet can be said to have been effective, obtained an average percentage of 99,37%. Learning outcomes on knowledge competence obtained an average percentage of 83%. Positive’s response of students to the worksheet obtained an average percentage 87,2%. It can be concluded that the Science Student Worksheet can enable student and get a positive response from students and can be used properly in learning science.


Key words :  Active Learning, Learning Science, Curriculum 2013, Science Student Worksheet, Student Activity, Pressure at the liquid


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.