PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI KALOR UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

ANES PUTRI ALIKA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran , (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa, (4) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan (5) mendeskripsikan respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan rancangan penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan sebesar 0,13 (2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif pretes sebesar 21,39% dengan kategori kurang kreatif, tingkat kemampuan berpikir kreatif postes sebesar 62,50% dengan kategori kreatif kemudian dilakukan uji beda dan analisis gain score menyatakan bahwa hasil postes lebih baik daripada hasil ­pretes (mengalami peningkatan sebesar 41,11%). (3) Hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual siswa sebesar 3,84 dengan kategori sangat baik, pada kompetensi pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 42,75, pada kompetensi keterampilan siswa saat melaksanakan praktikum juga mengalami peningkatan persentase rata-rata skor sebesar 4,29, (4) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada pertemuan 1 dan 2 menunjukkan aktivitas yang mendukung pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu memperhatikan penjelasan guru, mengemukakan pendapat kelompok/individu, membaca buku siswa/LKS, melakukan diskusi kelompok, memperhatikan pendapat teman, mengerjakan tugas dan menganalisis hasil diskusi, dengan peningkatan masing-masing aktivitas sebesar 12,50%, 1,00%, 2,50%, 2,50%, 1,25%, 2,50% dan 2,50% dan (5) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi kalor adalah siswa memberikan respons positif yaitu dengan prosentase rata-rata respon positif sebesar 98,4% dengan kriteria sangat kuat..


Kata kunci: kooperatif,  jigsaw, berpikir kreatif.


 


Abstract


This research aims to (1) describe the feasibility study , (2) describe an increase in students' creative thinking ability , (3) describe the student learning outcomes , (4) describe the activities of the students during the learning process , and (5) describe the response of students through the application of learning models cooperative jigsaw heat to the material . This type of research is the pre- experimental design with study design using a one group pre test and post test design . Results showed (1) the application of the Jigsaw cooperative learning model increased by 0.13 (2) The level of creative thinking ability pretest of 21.39 % with less creative category , the level of creative thinking abilities by 62.50 % posttest with creative categories later different test and gain score analysis states that the post-test results better than the results of the pretest  ( an increase of 41.11 % ) . (3) Results of study on students' competence spiritual attitude of 3.84 with very good category , the competence of knowledge has increased by 42.75 , competencies while implementing practical skills of students also increased the average percentage of 4.29 score , (4) Activities of students during the learning process at meetings 1 and 2 show the activities that support cooperative learning jigsaw noticed that the teacher's explanation , expression groups / individuals , students read books / worksheets , group discussions , attention to the opinion of friends , working on tasks and analyze the results of the discussion , with each increase in activity by 12.50 % , 1.00 % , 2.50 % , 2.50 % , 1.25 % , 2.50 % and 2.50 % , and (5) the response of students to the learning model cooperative jigsaw heat on the material is that students responded positively to the average percentage of positive responses was 98.4 % with a very strong criteria.


Keywords : cooperative , jigsaw , creative thinking.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.