PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL LEARNING CYCLE PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

DESI PURNAMA SARI

Abstract


Abstrak


Pola pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan, yang terbaru adalah berlakunya kurikulum 2013 yang pelaksanaannya di sekolah  masih belum terlaksana dengan baik karena kurangnya pemahaman guru tentang tata cara pengelolaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlaksanaan model pembelajaran, dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Learning Cycle.  Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengemmbangan 4-D, tetapi tahapan yang dilakukan hanya sampai tahap develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi dan diuji cobakan secara terbatas pada 16 siswa kelas VII-C SMPN 32 Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh dua ahli dan satu guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS baik dan layak digunakan dengan skor berturut-turut 3.33 dan 3.30. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya perangkat yang dikembangkan ini baik dengan rincian hasil belajar kognitif 3.5, sikap 3.74 dan keterampilan 3.52. Semua tahapan model pembelajaran dalam RPP terlaksana dengan sangat baik dan mendapat skor rata-rata dari dua pertemuan sebesar 3.73. respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif dengan presentase sebesar 95.30%, sedangkan respon siswa terhadap LKS positif dengan presentase sebesar 98.75%.


Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Learning Cycle.


 


Abstract


Education pattern in Indonesia will be expand, the last is curicullum 2013 but the executed at school still uncommitt better, that caused lack of understanding the teacher about how to manage the lesson of the class according curicullum 2013.  The research aims to produce a learning materials to determine the properness of the develop learning tools, implementation of learning model, and the students response due develop learning materials and learning activities. The learning materials that develop used Learning Cycle model. The development of this learning materials use 4-D models, but the steps are being taken only to a develop point. The learning materials is develop and validated, limitedly implemented at 16 students of VII-C SMPN 32 Surabaya. The validated result of learning materials by two experts and a teacher showing that the develop learning materials include lesson plan and student worksheet good and proper with score respectively for 3.33 and 3.30. the students learning outcomes after applying of develop learning materials are good with average value of cognitive for 3.5, attitude 3.74, and skill respectively 3.52. All stage of learning model on lesson plans done very well and got an average score 3.73 for two meeting. Students response to the learning activities are positive with a percentage of  95.30%, while the students response to the worksheet are positive with percentae respectively for 98.75%.


Keyword: learning materials, Learning Cycle models.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.