PENGEMBANGAN LKS PADA POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN (PUPUK ORGANIK CAIR) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

DITA DZATA MIRROTA

Abstract


Abstrak


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  validitas,  hasil  keterampilan  proses  sains  dan respon siswa terhadap  Lembar Kegiatan  Siswa (LKS) pada pokok pengelolaan lingkungan (pupuk organik  cair)  yang  dikembangkan.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  dengan  subjek penelitian LKS pada pokok bahasan    pengelolaan lingkungan (pupuk  organik cair) dengan sasaran uji coba siswa SMP kelas VII.  Sumber data dalam penelitian ini adalah tim ahli yang meliputi dosen dan guru IPA sebagai validator, serta siswa kelas VII MTs al Urwatul Wutsqo Jombang  sebagai  pengguna.  Rancangan  penelitian  ini  mengacu  pada  model  pengembangan Research  and  Development  (penelitian  dan  pengembangan).  Pengumpulan  data  dilakukan menggunakan  metode  validasi,  tes,  pengamatan  dan  angket  respons.  Instrumen  penelitian  yang digunakan  meliputi  lembar  validasi,  lembar  tes,  dan  lembar  angket  respons  siswa.  Analisis  data dilakukan secara  deskriptif kuantitatif untuk lembar validasi,  tes  dan  angket repons siswa.  Hasil  validasi  oleh  ahli  menunjukkan  LKS  telah layak  dengan  dengan  rata-rata  kelayakan  secara  keseluruhan  sebesar  86,2%.  Hasil  keterampilan proses  sains  siswa  setelah  menggunakan  yang dikembangkan  menyatakan  LKS  ini  layak  digunakan dengan  tingkat  ketuntasan  siswa  sebesar  86,7%.  LKS  yang  dikembangkan  mendapat  respons positif dari siswa sebesar 94,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan (pupuk organik cair) untuk melatih keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan dinyatakan sangat layak digunakan.


 Kata Kunci: LKS, pengelolaan lingkungan, pupuk organik cair, keterampilan proses sains siswa.


 


                                                                  Abstract                        


This  research  is  aimed  to  determine  the  validity,result  of  science  process  skill, and  the students'  response  to  student  activity  sheet  development  of  environmental  management  subject (liquid organic fertilizer). This  research  was  development  research  with   student  activity  sheet  of environmental management subject (liquid organic fertilizer) as  subject  research  and student of Junior High School in 7th grade as source of limited testing. There are a team of experts that  includes  faculty  and  science  teachers  as  validators  and  student of  al  Urwatul  Wutsqo Jombang Islamic  Junior high School as user. The research design itself, refers to a development model of Research and Development (R&D). The data was collected using a  validation method, evaluation  method,  and  questionnaire  method.  The  research instrument was used questionnaire sheet validation, evaluation sheets, and sheets of questionnaire responses. Descriptive data were analyzed in qualitative method. The results showed that the Developed Student Activity Sheet has been decent with the average of  the overall feasibility of 86.2%.  The results of students' science process skills after using developed worksheets is feasible states worksheets used by students completeness level of 86,7%. Student activity sheet was developed get 94,4% positive response from the students. Conclution in this research is student activity sheet of environmental management subject (liquid organic fertilizer) to train student’s process skill is very decent to use.


Keywords:  student activity sheet, environmental management, liquid organic fertilizer, student’s science process skill.  


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.