PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TROWULAN

OKKY PUTRI MELATI

Abstract


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaaan pembelajaran Inkuiri pada materi kalor, peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa kelas VII SMP Negeri 1 Trowulan setelah mengikuti  proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas VIII-G sebanyak 32 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan sikap, tes hasil belajar, dan angket. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran telah terlaksana dengan baik pada pertemuan I dengan nilai 89 dan terlaksana dengan sangat baik pada pertemuan II dengan nilai 96. Hasil analisis uji N-gain menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan meningkat dengan rata-rata sebesar 0,7 (kriteria sedang) dan hasil belajar pada aspek keterampilan meningkat dengan rata-rata sebesar 0,8 (kriteria tinggi). Hasil belajar siswa pada aspek sikap memperoleh rata-rata persentase tiap komponen  sebesar 71% (kriteria baik). Siswa memberikan respons positif yang sangat kuat terhadap penerapan pembelajaran inkuiri pada materi kalor,


 


Kata kunci : pembelajaran inkuiri, hasil belajar, materi kalor


 


Abstract


 


    This study aims to describe the implementation of  inquiry learning on calor material, increase student learning result, and the response of the seventh grade students of State JHS 1 Trowulan after participating in learning process. This research used the Pre-Experimental Design and used class VIII-G with 32 students. The research design used was one group pre-test and post-test design. This research was done for two meetings. The research instruments are the form of implementation of learning observation sheet, attitudes observation sheet, achievement test and questionnaire. The results show that the learning has performed well for the first meeting with score of 89 and performed very well for the second meeting with score of 96. The results of the N-gain test show that inquiry learning can increase student learning result. Student learning result of  knowledge aspect increases with the average of  0.7 (medium  criteria ) and student learning result of skills aspect increases with the average of 0.8 ( high criteria). Student learning result of  the attitude aspect obtains the average percentage of  71% (good criteria). Students gave a strong positive response of the application of inquiry learning on the calor material.


 


Keyword: inquiry learning, learning result, calor material


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.