PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF WONDERFUL STEP SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH

GALUH CANDRA KIRANA

Abstract


Abstrak


Pada kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran diharapkan dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang bagi siswa dan menuntut siswa untuk dapat bekerja memecahkan masalah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mewujudkannya dengan mengembangkan media permainan yang dapat melatihkan keterampilan memecahkan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media permainan Wonderful Step secara teoretis, berdasarkan kriteria materi, kebahasaan, penyajian, dan persyaratan permainan pendidikan, secara empiris, berdasarkan respons siswa dan keterampilan memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes, meliputi angket kelayakan, angket respons dan tes keterampilan memecahkan masalah. Uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 26 Surabaya Kelas VII-H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Wonderful Step layak secara teoretis dengan hasil 98,44% (sangat baik). Secara empiris, media permainan Wonderful Step mendapatkan respon siswa 98,33% (sangat baik), sedangkan berdasarkan tes keterampilan memecahkan masalah, didapatkan ketuntasan klasikal 90% (sangat baik) dengan rata-rata nilai siswa 86,35. Hal ini menandakan bahwa media permainan Wonderful Step dapat dijadikan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep pemanasan global, meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar, serta dapat membantu siswa dalam melatihkan keterampilan memecahkan masalah


Kata kunci: media permainan,Wonderful Step, keterampilan memecahkan masalah, materi Pemanasan Global IPA kelas VII.


 


Abstract


In curriculum 2013, the learning activities is expected to create  fun and challenging conditions, and students are required to be able to solve problems. One of alternatives that can be use is by developing educative games that can be used to improve problem solving skills of students.The aims of this study were to describe the theoretic feasibility of Wonderful Step game theoretically based on the criteria of concept, linguistic, presentation, and education game requirements as well as empiric feasibility, namely based on student responses and problem solving skills.This research used Research and Development (R & D) method. Data were collected by using questionnaires, namely validation questionnaire and students’ response questionnaire as well as tests of problem solving skills. This limited implementation is performed in VII-H of 26 Junior High School. The result of this research showed that the Wonderful Step game is feasible theoretically with an average score of 98.44% (excellent). And also feasible empirically based on the students’ response and results of problem solving skill test. The students’ response Wonderful Step game is 98.33% (excellent). While problem solving skills test showed that the classical mastery of students is 90% (very good) with an average value of student for about 86.35. These indicates that Wonderful Step can be used as media in the topic of Global Warming, to improve the students motivation, as well as to improve the problem solving skills of the students.


Keywords: educative game, Wonderful Step, problem solving skills, topic of Global Warming.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.