IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

ABDUL MUIN

Abstract


Abstrak


Penelitian pengimplementasian perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning materi interaksi antar makhluk hidup ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Untuk memenuhi tujuan tersebut telah dilakukan pengimplementasian perangkat pembelajaran materi interaksi antar makhluk hidup menggunakan model tersebut. Jenis penelitian ini adalah  penelitian Pre-Experimental dan menggunakan sample kelas VII-H SMP Negeri 1 Babat Lamongan sebanyak 33 siswa, pengambilan sample ini dilakukan dengan cara purposif sampel. Metode yang digunakn dalam penelitian ini adalah pree-test dan post-test, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan metode observasi selama proses pembelajaran untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning terdapat peningkatan keaktifan siswa sebesar 76.52% dan peningkatan hasil belajar sebesar 69.70 %. dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


 


Kata Kunci: Discovery learning, keaktifan siswa, hasil belajar siswa.


 


Abstract


 


Research implementing a device learning use the model of discovery learning matter interaction between living organisms is intended to find out an increase in liveliness and study result of the students. to fulfill that objective has done implementing the device learning matter interaction between living organisms use the model.Type this research is research pre-experimental and use sample class vii-h smpn 1 tripe lamongan 33banyan students, taking of samples is carried out by means of a purposif sample. The method used in this research is pree-test and post test, to see an increase in student learning outcomes and methods of observation during the learning process to see an increase in activity of students. Data analysis was done by qualitative descriptive. he results showed that the implementation of a learning device using a model of discovery learning there is a growing activity of students of 76.52% and improved learning results of 69.70%. from these data it can be concluded that the implementation of the learning model of discovery learning can improve student learning outcomes and liveliness.


 


Keywords: Discovery learning, active students, student learning outcome


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.