PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI SAINTIFIK  UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK PERUBAHAN MATERI

ACH.BASUNI

Abstract


Abstrak


Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi saintifik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada topik perubahan materi ditujukan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek validasi isi dan validasi empiris dari perangkat yang dikembangkan. Untuk memenuhi tujuan tersebut telah dilakukan penelitian perangkat pembelajaran dan uji coba perangkat pembelajaran tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah tim ahli yaitu dosen Sains sebagai penelaah sekaligus validator, serta 15 siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Ketapang Sampang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan dasain instruksional pengembangan perangkatnya mengacu pada 4-D (four D models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar lembar validasi, lembar pengamatan keterlakasanaan pembelajaran, lembar pengamatan kinerja ilmiah, tes hasil ketuntasan belajar dan lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif  kuantiatif untuk hasil validasi, hasil ketuntasan belajar dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kelayakan dengan prosentasi rata-rata validasi silabus sebesar  80,6%, RPP sebesar  85,7%, LKS sebesar 81,9%, dan kisi-kisi soal evaluasi sebesar  77,5% dengan kriteria baik, sangat baik, sangat baik dan baik. Data hasil uji coba diperoleh yaitu hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 14 siswa dinyatakan tuntas dan hasil analisis angket menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat positif.


Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kelayakan Perangkat, Saintifik, Perubahan Materi.


 


Abstract


Research development of learning-oriented scientific and IPA to practice critical thinking skills of students on the topic of material changes devoted to know eligibility of a device learning review of the aspect of validation content and validation empirical of a device developed. To fulfill that objective has the studies device learning and trial of learning the device. A source of data in this research is an expert team that is a lecturer science reviewers and validator, as well as as well as 15 graders VII-A SMPN 1 Ketapang Sampang. Kind of this research is research and development ( R&D ) and instructional dasign the development of its peripherals referring to four models 4-d ( d ) presented by Thiagarajan ( 1074 ).An instrument used in the form of research sheets of sheets of validation, sheets of observation success of learning, sheets, the performance of scientific observation a test study result of the poll and sheets response students. Analysis of data done in a descriptive quantitative to yield validation, and the response students study result of the. he result showed that a device developed has fit for use in the learning process because have met eligibility with the percentage of the average of 80,6 %, validation the syllabus RPP 85,7 %, amounting to as much as 81,9 %, and grating sound about the evaluation criteria of 77,5 % with good very fine, very well and good.The outcome of the trial data obtained namely study result of the students show that a total of 14 students are declared had been completed and the results of an analysis of the poll showed that students give response was very positive.


Keywords: Curriculum 2013, Eligibility device, Scientific, material changes 


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.