PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA TEMA SAMPAH DI SMP NEGERI 2 KABUH JOMBANG

ZAHROTUL UMMAH

Abstract


Abstrak


Keterampilan proses merupakan keterampilan-keterampilan yang digunakan untuk menemukan, menumbuhkan dan mengembangkan fakta, konsep, sikap dan nilai yang dituntut melalui kerja atau metode ilmiah. Dengan dilatihkan keterampilan proses pembelajaran IPA diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah  yang ada dalam masyarakat sesuai dengan tujuan kurikulum 2013. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan proses pada siswa adalah model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM). Dimana dengan kemampuan menyelesaikan masalah siswa akan belajar dua hal yaitu siswa menemukan jawaban terhadap masalahnya dan siswa mengetahui bagaimana proses atau cara untuk menyelesaikan masalahnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa, (3) mendeskripsikan hasil keterampilan proses siswa dan (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap keterampilan proses yang telah dipelajari setelah pembelajaran dengan penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) pada tema sampah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design  dengan menggunakan suatu rancangan One Shot Case Study. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dari pertemuan I, pertemuan II dan pertemuan III sebesar 3,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar sebanyak 32 siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 94% (sangat baik). Hasil keterampilan proses sebanyak 22 siswa dengan keterangan sangat baik dan ketuntasan klasikal sebesar 97% (sangat baik). Respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) pada tema sampah untuk melatihkan keterampilan proses sebesar 87% (sangat baik).


Kata Kunci : Pembelajaran  IPA, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Keterampilan proses, Tema Sampah.


Abstract


Process skills are skills that used to find, grow and develop the fact, concept, attitude and values required by work or scientific method. With practiced of science process skills is expected to solve the problems that exist in society which suitable with objectives of curriculum 2013. Learning model that can be used to practice student’s process skills is problem based learning (PBL). Where the problem solving skills, student will learn two things, those are student find the answer to the problem and they knew how the process or how to solve the problem. The aims of this study (1) to describe the feasibility of learning, (2) describe the student learning outcomes, (3) describe the results of students 'process skills and (4) describe the students' response to the process skills that have been learned trough Problem Based Learning (PBL) model on garbage theme. The type of this research was Pre Experimental Design using One Shot Case Study. The sample used in this study were students of class VII-C, amounting to 34 students. The analyze does it with quantitative descriptive. The results showed that the feasibility study of the first meeting, the second meeting and the third meeting was 3.4 included in the excellent category. The results of study were 32 students completed the classical completeness was 94% (very good). The result of process skills as many as 22 students with excellent information dan classical completeness of 97% (excellent). Students' response to science learning process by using Problem Based Learning (PBL) model on garbage theme to practice student’s process skill was 87% (very good).


Keywords: Science Learning Process, Problem Based Instruction (PBI), Student’s Process Skills, Garbage Theme.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.