PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOAGUNG

PRATIWI YULI ASTUTIK

Abstract


Abstrak


Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dengan media permainan clever board (clebo), kemampuan berpikir kritis, dan respons siswa pada IPA tema bunyi dan pendengaran manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Mojoagung. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah 3,4 dengan berkategori sangat baik. Hasil uji t-berpasangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran. Analisis gain score  menunjukkan bahwa sebanyak 36,7% siswa memiliki peningkatan kategori tinggi, 53,3% memiliki peningkatan sedang, dan 10% memiliki peningkatan rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran IPA tema bunyi dan pendengaran manusia dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media permainan clever board mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan tema bunyi dan pendengaran manusia dan memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan  respons siswa tentang pembelajaran tersebut yaitu sebesar 80%.


Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Bunyi dan Pendengaran Manusia        


Abstract


The purposes of this research were to describe the implementation of learning model type TGT (Team Game Tournament) using the media game clever board, critical thinking skills, and student responses on an integrated science of theme sound and human hearing. This study used the design of ”One Group Pretest Posttest Design”. The objects of this study were students of grade VIII A SMP Negeri 2, Mojoagung. The average implementation of learning conducted by the teacher was 3.4 (excellent). The result of paired-t test showed that the critical thinking skills of the students increased after the implementation of learning. Gain score analysis revealed that 36.7% of students obtain high increase, 53.3% of students obtain medium increase and 10% of students get low increase. It can be concluded that the application of integrated science learning with cooperative learning model type TGT (Team Game Tournament) using the media game clever board can improve critical thinking skills and provide an interesting  learning as well as; in addition fun most of the students give positive responses.


Key words: Cooperative Learning Type of TGT (Team Game Tournament), Critical Thinking Skills, Sound and Human Hearing


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.