PROFIL PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI PERUBAHAN ZAT UNTUK SMP KELAS VII

BRILLIANT INDRASWARA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan strategi mind mapping pada materi perubahan zat untuk SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D models), yang terdiri dari tahap define (pendefinisan), design (perencanaan), dan terbatas pada tahap develop (pengembangan). Teknik analisis data dari penelitian ini adalah analisis validasi perangkat, analisis tes hasil belajar, gain ternormalisasi, analisis keterlaksanaan RPP, dan analisis respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perangkat pembelajaran dengan strategi mind mapping pada materi Perubahan Zat yang meliputi silabus, RPP, hand out, LKS dan butir soal dinyatakan valid dengan skor validasi untuk silabus sebesar 3,8; RPP sebesar 3,7; hand out sebesar 3,6; LKS sebesar 3,4; dan skor validasi butir soal sebesar 3,6. (2) Perangkat pembelajaran dengan strategi mind mapping pada materi Perubahan zat yang meliputi silabus, RPP, hand out, LKS dan butir soal dinyatakan praktis dengan  keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan skor  rata-rata 3,7 dalam kategori  baik. (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena tujuan pembelajaran telah tercapai dengan hasil belajar pada aspek sikap spiritual memperoleh kecenderungan B (Baik), sikap sosial juga B (Baik), aspek pengetahuan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 90,3%, dan aspek keterampilan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83,9%.


Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Mind Mapping, Direct Instruction, Perubahan Zat


 


Abstract


The goal of this research is developing the learning device with mind mapping strategy on changes of substance in grade VII junior high school. This study using a model of developing in which 4-D (four-D models), which are define, design, and limited in develop. Analysis technique in this research are validation device analysis, learning’s result test analysis, gain score, RPP’s implementation analysis, and student’s response analysis. Results of this study are (1) (1) Learning device with mind mapping strategy on changes of substace which are syllabus, RPP, hand out, LKS and items are valid, it is evidenced by the results of the validation score syllabus is 3.8; RPP validation score is 3.7; hand out validation score is 3.6; LKS validation score is 3.4; and items validation score is 3.6. (2) Learning device with mind mapping strategy on changes of substace which are syllabus, RPP, hand out, LKS and items are practical which feasibility study showed an average of 3.7 obtain either category. (3) Learning device with mind mapping strategy on changes of substace which are syllabus, RPP, hand out, LKS and items are effective because that goal of learning have been achieved. The achievement of goal of learning seen from learning’s result of spiritual aspect who get disposed B (good), social aspect who get disposed B (good) too, knowledge aspect who get classical completeness is 90,3%, and skill aspect who get classical completeness is 83,9%.


Keywords  : Learning Device, Mind Mapping, Direct Instruction, Changes of Substance


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.