PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN UNTUK SMP

DYAH ALIYAH FAHRUNNISA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan yang layak secara teoritis dan empiris, serta mendeskripsikan kelayakan teoritis media berdasarkan hasil penilaian kelayakan media yang dinilai oleh para validator dan mendeskripsikan kelayakan empiris media berdasarkan observasi aktivitas siswa dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada metode research and development (R&D). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 39 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini mencakup data hasil validasi kelayakan oleh para validator, hasil pengamatan aktivitas siswa oleh observer dan hasil angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan sangat layak secara teoritis dengan hasil sebesar 86,35%. Secara empiris berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa didapatkan hasil yang sangat baik dengan persentase sebesar 95,31% dan berdasarkan hasil respon siswa didapatkan hasil sebesar 94,02% dengan kriteria sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran.


Kata Kunci: pengembangan, media, video, animasi, pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.


 


Abstract


This research aims to produce animated video learning media growth and development in plants viable theoretical and empirical, and describe the theoretical feasibility of media based on the media feasibility assessment assessed by the validator and describe the empirical feasibility media based on observations of student activity and student response. This research is the development of research refers to the method of research and development (R & D). The sample used in this research were students of class VII-A, amounting to 39 students. The data obtained in this study include data from validation of feasibility by the validator, student activity observed by the observer and the results of student questionnaire responses. The results showed that the media of video lessons on plant growth and development is very feasible in theory with result at 86,35%. Empirically based on result of observation students activity obtained excellent results with percentages of 95,31% and based on the results of student responses obtained with result at 95,55% is very feasible criteria, thus it can be concluded that the video learning media on plant growth and development is very suitable to be used as a learning medium that can facilitate  learning process.


Keywords: development, media, video, growth and development of plants.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.