PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA SMP DENGAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

MARISKA REGINA ISKANDAR

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media dan respons siswa terhadap media permainan Puzzle pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan media pembelajaran ASSURE yang dikembangkan oleh Robert Heinich, Michael Molenda dan James D.Russel pada tahun 1990 (Clymer, 2007). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket validasi dan respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media sebesar 86,45% termasuk dalam kategori sangat layak. Siswa memberikan respons yang sangat kuat terhadap media permainan Puzzle pada materi sistem pencernaan manusia dengan 4 dari 8 pertanyaan mendapatkan persentase 100%.


Kata kunci : media permainan puzzle, model pengembangan media ASSURE,  sistem pencernaan manusia 


Abstract


 


This study aimed to describe the feasibility of media and student responses to the media on the matter Puzzle games Human Digestive System. Type study used a model of learning was media development ASSURE developed by Robert Heinich, Michael Molenda and James D.Russel in 1990 ( Clymer , 2007). Methods for collecting data was using a survey method validation and student response. The results showed that 86.45 % as large media credentials in the category of very qualified. Students responded very strongly to the media puzzle game on the human digestive system material with 4 of 8 questions to get a percentage of 100%/.


Keywords: puzzle games media, media ASSURE model of development, the human digestive system


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.