PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA SUB MATERI RESPIRASI DAN FOTOSINTESIS KELAS VII SMP

IZZAH FATIMAH AZZAHRO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang meliputi kesahihan (validitas), hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi respirasi dan fotosintesis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan perangkat yang disarankan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yakni model 4-D (define, design, develop, dan desseminate), tetapi penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap develop. Sasaran penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang meliputi, RPP, LKS, handout, dan soal evaluasi pada materi respirasi dan fotosintesis. Metode pengumpulan data menggunakan angket validasi dengan model check list (√),  metode observasi, tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat dengan rata-rata total sebesar 3,2 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 2,9 dengan predikat Baik (B), hasil belajar selama proses pembelajaran berlangsung yaitu penilaian sikap diperoleh presentase 93,75% berpredikat Sangat Baik dan hanya 6,25% berpredikat Baik, dan penilaian keterampilan diperoleh rata-rata presentase 90% dengan predikat Sangat Baik (SB). Respon siswa terhadap kelayakan perangkat mendapat hasil rata-rata total presentase 94,9% dengan kriteria “sangat kuat”.


Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model pengembangan perangkat 4-D, respirasi dan fotosintesis.


 


Abstract


This research aimed to describe the feasibility of learning instruments that include validity, student learning outcomes, and the students' response to the learning instrument based on the discovery learning at respiration and photosynthesis. This research is the development of the software development models suggested by Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974) model of the 4-D (define, design, develop, and disseminate), but this study is limited to the stages develop. Objectives of this research include a learning instrument, lesson plans, worksheets, handouts, and evaluation questions. Data collection methods used were questionnaire with the model validation check list (√), observation, tests and student questionnaire responses. The results showed that the feasibility of instruments with a total average of 3.2 with good criteria. Student learning outcomes, the assessment based on a percentage of 93.75% was obtained predicated very good and good predicated only 6.25%, assessment of knowledge gained an average value of 2.9 to the predicate good, and social judgment obtained average the average percentage of 90% with a predicate very good. Student’s response to the feasibility of the instruments gets an average percentage of 94.9% with very strong criteria.


Keywords: Learning Instrument, Instrument Development 4-D, Respiration and Photosynthesis.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.