PROFIL KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

EKA PRASTIYANTO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian kompetensi siswa pada pembelajaran menggunakan model problem based instruction dengan pendekatan saintifik pada materi pemanasan global. Kompetensi yang diukur antara lain:sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan satu kelas perlakuan, yaitu kelas VII-I SMP Negeri 4 Kediri Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran degan model problem based instruction dengan pendekatan saintifik, kompetensi sikap siswa mencapai nilai 3,27 dengan predikat baik dan sebagian besar siswa mencapai tingkatan afektif menanggapi. Kompetensi pengetahuan siswa mengalami peningkatan signifikan tiap sub materinya. Pada sub materi penyebab dan dampak pemanasan global mengalami peningkatan dengan kategori sedangdengan Gain-scor secara berturut-turut sebesar 0,69 dan 0,63, sedangkan pada sub materi penanggulangan pemanasan global mencapai peningkatan dengan kategori tinggi dengan perolehan N-Gain sebesat 0,71. Adapun skor N-Gain secara keseluruhan unutk materi pemanasan global sebesar 0,67 dengan kategori peningkatan tinggi. Pada kompetensi keterampilan, nilai yang diperoleh mencapai 3,28 dengan predikat B. Ketuntasan yang dicapai pada pembelajaran ini untuk kompetensi sikap mencapai 78%, kompetensi pengetahuan mencapai 97%, dan kompetensi keterampilan sebesar 87%.  Berdasarkan hasil tersebut, capaian kompetensi pada pembelajaran ini telah memenuhi kriteria minimum yang telah ditetapkan pada kurikulum.


Kata kunci:problem based instruction, saintifik, kompetensi, pemanasan global


Abstract


The aimed this study is to describe the achievementof student competencies in learning by using problem based instruction (PBI) model with scientific approach on global warming topics. The competencies had been measured include: attitude, knowledge, and skills. This study was pre-experimental design with single class treatment, namely the class VII-I SMP Negeri 4 Kediri. The results of this study showed that attitude competency achieve score of 3.27 on  good category and most students achieve responding levels of affective in learning with problem-based instruction model with scientific approach. Students knowledge competency have increased significantly in each sub topic. Sub topic of causes and effects of global warming had been increased with medium category and the sub topic global warming prevention improved with high category with the acquisition of N-Gain 0.71. The N-Gain scores overall global warming topic is 0.67 with an increase in medium category. Skills competence have reached score of 3.28 with good category . In this study, 78% of students have meet minumum criteria of attitude competency, 97% of students have mastered the knowledge competency, 87% of students have mastered the skill competency. The achievement of competency in this study have met the minimum criteria established in the curriculum.


Keywords:problem based instruction, scientific, competency, global warming


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.