PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KOMPREHENSIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SOSIAL PADA MATERI INTERAKSI ANTARMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP

HASTI SURYANI

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini yaitu, menyusun satu set perangkat pembelajaran berbasis pendekatan komprehensif untuk melatihkan keterampilan komunikasi sosial pada materi interaksi antarmakhluk hidup dengan lingkungan yang layak secara teoritis dan empiris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu pengembangan sesuai prosedur pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP dan LKS, lembar pengamatan keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dan kegiatan melatihkan keterampilan komunikasi sosial, lembar pengamatan keterampilan komunikasi sosial siswa dan lembar respons siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan komprehensif untuk melatihkan keterampilan komunikasi sosial (draf III), menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak secara teoritis dan mendapat persentase 97,23% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan secara empiris kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran mendapatkan rata-rata persentase 100%. Aktivitas melatihkan keterampilan komunikasi sosial mendapatkan persentase 100%.  Keterampilan komunikasi sosial siswa pada pertemuan pertama memperoleh rata-rata skor  3,58. Aktivitas komunikasi sosial pada pertemuan kedua meningkat signifikan dibandingkan pada pertemuan sebelumnya yaitu sebesar 3,77. Pada pertemuan ketiga merupakan kegiatan evaluasi keterampilan komunikasi sosial siswa meningkat signifikan yaitu sebesar 3,84. Hasil respons siswa menunjukan rata-rata persentase jawaban “Ya” sebesar 93% dan rata-rata jawaban “Tidak” sebesar 7%.


Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan komprehensif, keterampilan komunikasi sosial


Abstract


The purposed of this study was, arrangde a set of learning tools based comprehensive approach to social communication skills interactions material with an environment worth living things theoretically and empirically. This type of research is the development of research, the development of appropriated procedures 4-D development. The research instrument used was a learning device validation sheet covering the syllabus, lesson plans and worksheets, lesson observation sheet enforceability management and communication skills retread  social activities, social communication skills of observation sheet student and the student response sheet. Quantitative data were analyzed descriptively. The results of the study in the form of a comprehensive approach based learning tools for social communication skills retread (draft III), indicating that the device has a decent learning developed theoretically and gets a percentage 97.23% with very decent criteria. While the device has a decent learning developed empirically get adherence to the management of learning in an average percentage of 100%. Activity retread social communication skills to get a percentage of 100%. Social communication skills of students at the first meeting  obtained an average score 3,58. Social communication activities at the second meeting increased significantly compared to the previous meetings of 3,77. At the third meeting of the evaluation exercise of social communication skills of students increased significantly of 3,84. The results of a student's response shows the average percentage of "Yes" by 93% and the average answer "No" at 7%.


Key words: learning tools, a comprehensive approach, social communication skills


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.