PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI TATA SURYA DAN GERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII  DI SMP NEGERI 2 PURWOASRI

ADITYA GAMA NURCAHYO

Abstract


Abstrak


Penelitian dilatar belakangi dari kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Purwoasri. Diketahui masih banyak siswa yang kurang berperan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan pemilihan metode yang kurang tepat didalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna dan siswa sulit menguasai konsep secara matang khususnya materi tata surya dan gerhana. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan  keterlaksanaan  model pembelajaran kooperatif tipe  Numbered Head Together (NHT) pada materi Tata Surya dan Gerhana, hasil belajar dan respon siswa. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan  eksperimen semu, yang dilaksanakan untuk mengetahui dampak dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek penelitian tanpa adanya kelas pembanding (kontrol). Desain penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest – Posttest Design”, dengan menggunakan satu kelas sebagai sasaran penelitian yaitu kelas VIII-D yang berjumlah 35 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together  materi  Tata surya dan gerhana dapat terlaksana secara keseluruhan dengan kategori sangat  sangat baik dengan skor rata-rata 3,94%, hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat dengan kategori sedang secara signifikan dari pretest ke posttest dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,3%, pada aspek psikomotor menunjukkan bahwa keterampilan psikomotor siswa termasuk dalam kategori baik sekali, sedangkan pada aspek afektif termasuk pada kategori baik. Respon siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sangat positif dengan rentang presentase 73,25-100%.


Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, Hasil belajar, Tata Surya dan Gerhana






 




 






Abstract


The research based of teaching and learning activities which held at SMP Negeri 2 Purwoasri. As known as, there was many students which has less active role in the learning so that student learning outcomes are low. This is cause by selection method is less precise in the learning process so the learning less meaningful. Purpose of this research was to describe the learning model cooperative  type Numbered Head Together study in “Solar system and eclipse”, learning outcomes and student responsibility. Type of this research based the quasi-experiment, which held in order to reveal the effects of a which worn to the experiment subject without the comparative class. The experimental design was "One Group Pretest - Posttest Design", which VIII – D class was the experiment class with 35 students. Results of the research  using  cooperative  type Numbered Head Together with “Solar system and Eclipse” can be implemented as a whole with a very good category with passing grade at 3,94%, student learning outcomes in the cognitive aspects increased significantly with the medium category and classical passing grade at 94,3%, student psychomotoric skills was good categories as well,  the affective aspects was good categories. The response of students during teaching and learning activities with cooperative  type Numbered Head Together model  with “Solar system and Eclipse” very positive by range presentations beetwen 73,25%-100%.


Keywords: Cooperative Learning  type Numbered Head Together,  Learning Outcomes, Solar system and Eclipse


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.