PENERAPAN LKS TEMA PENCEMARAN AIR BERBASIS ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

SELVA KURNIA DAMAYANTI

Abstract


Abstrak


Dalam proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan pada penerapan kurikulum 2013 namun pada saat proses pembelajaran IPA, lembar kegiatan siswa (LKS) yang disediakan saat ini, masih menggunakan keterampilan proses dasar. Sehingga siswa belum sepenuhnya menguasai keterampilan proses sains yang diharapkan pada penerapan kurikulum 2013. Agar siswa dapat menguasai keterampilan proses sains, diperlukan suatu alat yang konkrit dalam membentuk pemahaman siswa, salah satunya melalui Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berbasis active learning. Pembelajaran active merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa di dalam kelas selama kegiatan belajar mengajar untuk membantu siswa dalam menemukan konsep materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses, dan (3) mendeskripsikan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design yang menggunakan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol, metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D yang berjumlah 31 siswa di SMP Negeri 3 Waru. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil keterlaksanaan pembelajaran active learnin, hasil pre-test dan post-test keterampilan proses sains, dan hasil aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKS tema pencemaran air dapat meningkatkan keterampilan proses sains yang ditunjukkan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama terlaksana baik dengan rata-rata 81,4 dan pada pertemuan kedua terlaksana baik dengan rata-rata 75,8. Peningkatan keterampilan proses sains sebesar 0,65 dengan peningkatan sedang. Aktivitas siswa yang meliputi mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, dan  menjawab pertanyaan pada pertemuan pertama memperoleh rata-rata 10,28% dan pada pertemuan kedua memperoleh rata-rata 5,44% dengan kategori sangat kurang.


Kata kunci : LKS, pencemaran air, active learning, keterampilan proses sains.


Abstract


Process of direct learning produces knowledge and skills that are indispensable to the implementation of the curriculum in 2013, but during the process of learning science, student activity sheet is provided at this time, still using the basic process skills. So that students have not fully mastered the science process skills expected in the implementation of curriculum 2013. So that students are able to the science process skills, required a concrete instrument to make student understand, one of the concrete instrument is student activity sheet based active learning. Active learning is one that requires active students learning in the classroom for teaching and learning activities to assist students in finding the concept of the material being taught. The purpose of this study was (1) to describe the feasibility study, (2) describe the process improvement skills, and (3) describe the activities of students. This research is a kind of preexperimental research design of the study one group pretest posttest design using an experimental class without grade control, sampling method used was purposive sampling. The sample used in this study were students of class VII-D, amounting to 31 students at Junior high school 3 Waru. The data obtained in this study is the result of feasibility study of active learning, the results of pretest and posttest science process skills, and the results of student activity. The results showed that the implementation of student activity sheet themed water pollution can improve science process skills demonstrated by the results of the feasibility study carried out either with the 1st meeting of the average 81.4 and executed well in the 2nd meeting with a 75.8 average. Improved science process skills of 0.65 with a modest increase. Student activities that include asking questions, asking opinions, and answer questions at 1st meeting of the average gain of 10.28% and at 2nd meeting of the average gain of 5.44% with very less criteria.


Keywords: LKS, water pollution, active learning, science process skills.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.