PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR

SANTI NURJANAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik model guided discovery pada materi perpindahan kalor dan  mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakana perangkat tersebut. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari validitas perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develope, and Disseminate), namun dalam  penelitian ini hanya dibatasi sampai dengan tahap Develope. Tahap pengembangan, telaah, dan validasi perangkat dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya dan untuk tahap ujicoba dilaksanakan pada 12 siswa kelas IX di MTs. Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) validitas perangkat meliputi validitas silabus 80%, RPP 83,82%, LKS 77,08%, handout 76,85% dan lembar penilaian 76,19% menunjukkan kategori valid; b) Keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 3.33, pada pertemuan kedua sebesar 3.45 dengan kategori baik; c) hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan 83% tuntas dengan predikat B (baik), penilaian kompetensi keterampilan predikat B (baik) dan pada kompetensi sikap mendapatkan predikat SB (sangat baik); d) Respon siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan perangkat yang dikembangkan positif dengan persentase sebesar 83,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil diatas diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan saintihfik model guided discovery layak digunakan pada materi perpindahan kalor.


 


Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Model Guided Discovery, Perpindahan Kalor.


 


 


Abstract


This studying aims to describe feasibility learning materials science with the scientific approach and guided discovery model at the material of heat transfer and to find out students response at learning. Feasibility learning materials seen from validation learning materials, learning management, and the student assessments of learnings outcomes. This research is the development research refer to 4D models  (Define, Design, Develope, and Disseminate But, the step of this research only limited until develope step. Step of development, reviewing, and validation of materials learning do in Surabaya state university and the step of examination do  to 12 students IX degree in MTs. Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. The result of this research show that a) validation materials involve syllabus, 80%, RPP 83,82%, LKS 77,08%, handout 76,85% and assessment sheet 76,19% it’s mean learning material is valid. the average learning management at the first meeting is 3.33 and at the second meeting 3.45 with good predicate (B); c) the student assessments of learnings outcomes in knowledge competence 83% completed with good predicate(B), student assessment skils get good predicate (B) and student assessment attitudes get verygood predicate (SB). d) students response to the learning which use a material developed with the percentage positive 83,75%. These result show that materials learning which developed  with the scientific approach and guided discovery model is valid to used in material heat transfer.


 


Keywords : Scientific Approach, Guided Discovery Models, Heat Transfer.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.